Heatstroke, Bahaya yang Menghantui Saat Olaharaga di Panas Terik

Heatstroke, Bahaya yang Menghantui Saat Olaharaga di Panas Terik

Heatstroke, Bahaya yang Menghantui Saat Olaharaga di Panas Terik-Channel9.id-

Saat cuaca sedang panas terik, hindari melakukan aktivitas berat di luar ruangan yang dapat meningkatkan risiko terkena heatstroke. Lebih baik untuk memilih waktu yang lebih sejuk atau melakukan aktivitas di dalam ruangan.

Pertolongan Pertama Heatstroke

Heatstroke adalah kondisi serius yang memerlukan penanganan segera. Saat Anda atau orang di sekitar Anda mengalami heatstroke, langkah-langkah pertolongan pertama berikut dapat membantu mengurangi risiko dampak yang lebih parah:

BACA JUGA:Ngga Bikin Ribet! Inilah Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

BACA JUGA:Pilihan Olahraga Simpel untuk Pola Hidup Sehat Kamu

1. Memindahkan ke Tempat yang Teduh

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah memindahkan penderita ke tempat yang lebih teduh, seperti di bawah pepohonan atau bangunan yang menawarkan perlindungan dari sinar matahari langsung. 

2. Memberikan Kompres Dingin

Jika suhu tubuh penderita tidak kunjung turun setelah dipindahkan ke tempat yang lebih dingin, berikan kompres dingin pada tubuhnya. Gunakan handuk yang telah direndam air dingin dan tempelkan pada bagian tubuh yang memiliki banyak pembuluh darah, seperti leher, ketiak, dan selangkangan.

3. Memastikan Asupan Cairan

Bila penderita masih sadar, berikan minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman yang terlalu dingin, berkafein, atau beralkohol karena dapat memperburuk kondisi. Air putih adalah pilihan terbaik untuk mengganti cairan yang hilang akibat panas berlebih. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: