Peruntukkan Tanah Pemda di Banjaranyar Tidak Seperti Rencana Semula

Peruntukkan Tanah Pemda di Banjaranyar Tidak Seperti Rencana Semula

Sebelum dilaksanakan relokasi, ruang parkir Puskesmas Pekuncen I sempit dan kurang representatif.-Yudha Iman Primadi/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kecamatan Pekuncen mengubah peruntukan tanah pemerintah daerah di wilayah Desa Banjaranyar. Sebelumnya direncanakan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan dirubah untuk relokasi Puskesmas Pekuncen I.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas, H Dwi Muljanto, SKM, MSi mengatakan, tanah untuk relokasi Puskesmas Pekuncen I di Desa Banjaranyar awalnya untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyumas, dengan peruntukan sebagai RTH. Karena RTH tidak menggunakan seluruh luasan tanah, maka sebagian diambil untuk relokasi Puskesmas Pekuncen I.

"DLH awalnya juga sempat tidak tahu," katanya.

Dwi menjelaskan, dengan kontur tanah yang menurun, dalam pembangunan Puskesmas Pekuncen I yang baru direncanakan lantai paling bawah untuk ruang parkir kendaraan. Dengan anggaran sekitar Rp 7 milyar, relokasi Puskesmas Pekuncen I diminta cepat terealisasi.

BACA JUGA:Jumlah Sumber Daya Kesehatan Puskesmas Pekuncen I Sangat Kurang

BACA JUGA:Puskesmas Pekuncen I Usul Pembangunan Pustu di Desa Semedo

"Kondisi sekarang dengan ruang parkir kendaraan yang kecil, ruang tengah puskesmas terbatas, berdiri di atas tanah desa dan dibelakangnya sungai maka Puskesmas Pekuncen I di lokasi saat ini sudah tidak bisa berkembang," terang dia.

Camat Pekuncen, Drs Rojingun, MSi mengatakan, luas keseluruhan tanah pemerintah daerah di Desa Banjaranyar untuk relokasi Puskesmas Pekuncen I sekitar tiga hektare. Hanya karena terpotong oleh sungai, ada tanah masyarakat yang akhirnya dibeli oleh pemerintah daerah melalui Camat Pekuncen sebelum dirinya. Camat Pekuncen saat itu awalnya mempunyai ide untuk menjadikan tanah pemerintah daerah di Desa Banjaranyar sebagai RTH.

"Begitu saya datang ke Pekuncen dan ada permasalahan dibutuhkan pembangunan Puskesmas Pekuncen I yang lebih representatif, peruntukannya kami ubah untuk relokasi puskesmas," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: