Waspada! Ini Dia Penyebab Ban Bocor Halus yang Jarang Diketahui

Waspada! Ini Dia Penyebab Ban Bocor Halus yang Jarang Diketahui

Penyebab Ban Bocor Halus-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan ban bocor halus. Mulai dari faktor internal maupun eksternal seperti kondisi permukaan jalan dan lain sebagainya. 

Kejadian bocor halus pada ban motor seringkali tidak disadari oleh banyak pengendara. Hal ini dapat menyulitkan para pengendara karena biasanya mereka menyadari keadaan tersebut ketika sudah jauh dari bengkel.

Ada beberapa tips untuk membantu pengendara mengidentifikasi potensi penyebab kebocoran kecil pada ban motor. Dengan mengetahui penyebabnya, pengendara dapat mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi pada ban motor mereka.

5 Penyebab Ban Bocor Halus yang Jarang Diketahui

1. Tambalan 

Ban yang pernah mengalami perbaikan akibat kejadian tertentu, seperti tertusuk paku misalnya, pasti akan meninggalkan jejak yang dapat terlihat. Jika perbaikan tersebut tidak dilakukan dengan cermat, bekas tambalan itu bisa menyebabkan ban bocor halus. 

BACA JUGA:Trik Jitu Mengatasi Ban Motor Bocor di Jalan Tanpa Ribet

BACA JUGA:Tips Perawatan Ban Motor yang Penting untuk Diketahui

Celah yang mungkin terbentuk karena proses perbaikan yang tidak sempurna bisa menjadi penyebab kebocoran udara dari dalam ban. Hal ini menunjukkan pentingnya melakukan perbaikan ban dengan teliti untuk mencegah kemungkinan kebocoran yang tidak diinginkan.

2. Kondisi Ban

Penyebab ban bocor halus yang kedua adalah kondisi komponen ban itu sendiri. Saat ban motor sudah memasuki usia tua, kecenderungan untuk mengalami kebocoran kecil semakin meningkat. 

Fenomena ini disebabkan oleh abrasi pada permukaan ban akibat gesekan yang berulang dengan jalan aspal.

Jika ban sudah menunjukkan tanda-tanda aus dan kehilangan kualitasnya, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru. Langkah ini penting untuk mencegah potensi terjadinya kebocoran kecil yang dapat mengganggu perjalanan Anda di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: