Waspada! Ini Dia Penyebab Ban Bocor Halus yang Jarang Diketahui

Waspada! Ini Dia Penyebab Ban Bocor Halus yang Jarang Diketahui

Penyebab Ban Bocor Halus-Freepik-

3. Batu-batuan Tajam

Bagi para pengendara motor yang sering melewati jalan berbatu atau berkerikil, hal ini dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya ban bocor halus. Semakin sering melintasi jenis medan jalan tersebut, semakin tinggi pula risiko terjadinya kebocoran kecil.

BACA JUGA:Begini Sob!, Tips Memilih Ban Motor

BACA JUGA:Mengenali Perbedaan antara Ban Tubeless dan Ban Biasa pada Motor

Jalan berbatu tidak hanya berpotensi menyebabkan kebocoran, tetapi risiko terparahnya adalah insiden pecah ban. Hal ini disebabkan oleh adanya batuan tajam di permukaan jalan yang secara perlahan merusak bagian luar ban.

4. Roda

Kondisi roda yang tidak optimal, seperti adanya kerusakan pada velg, bisa membuat hubungan antara roda dan ban menjadi kurang baik. Akibatnya, ban dapat lebih rentan terhadap kebocoran kecil. 

Velg yang mengalami penyok atau bengkok bisa membentuk celah yang memungkinkan udara keluar dari dalam ban. Hal ini menambah risiko kebocoran pada ban motor dan dapat mengganggu stabilitas serta performa kendaraan saat digunakan. 

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi velg secara berkala dan memperbaiki atau mengganti velg yang rusak untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

BACA JUGA:Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa, Mana yang Lebih Worth It?

BACA JUGA:Ternyata Ini Sob, Kelebihan Ban Tubeless Pada Kendaraan

5. Katup

Kebocoran kecil pada ban motor juga dapat diakibatkan oleh katup yang kendur. Jika katup tidak terpasang dengan baik, udara di dalam ban bisa keluar secara perlahan-lahan. 

Jika tidak segera diperbaiki, ban akan kehilangan tekanan udara dan akhirnya akan kempis dalam jangka waktu yang lama. Penting untuk memeriksa dan memastikan bahwa katup ban terpasang dengan baik dan rapat untuk mencegah kebocoran udara yang tidak diinginkan. 

Dengan menjaga kondisi katup ban, kita dapat memastikan stabilitas tekanan udara dalam ban dan menghindari kejadian ban kempis yang tidak diinginkan saat berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: