7 Tanda-Tanda Anak Anda Menjadi Korban Bullying di Sekolah

7 Tanda-Tanda Anak Anda Menjadi Korban Bullying di Sekolah

Tanda-tanda anak menjadi korban bullying di sekolah -Pinterest -

Jika anak Anda sering menolak untuk pergi ke sekolah, atau terus-menerus mencari alasan untuk tidak pergi ke sekolah atau menghindari kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah, ini mungkin karena mereka ingin menghindari situasi di mana mereka menjadi korban bullying.

BACA JUGA:Berkaca dari Kasus Perundungan di Cilacap, Begini Cara Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah

BACA JUGA:Anak Penyandang Thalasemia Masih Jadi Korban Bullying di Lembaga Pendidikan

4. Mulai Menyembunyikan Barang Pribadi

Jika anak Anda mulai menyembunyikan barang-barang pribadi mereka seperti ponsel, mainan favorit, atau barang berharga milik mereka lainnya, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka merasa tidak aman dan terancam di lingkungan sekolah atau anak Anda sedang diperas oleh orang yang membully di sekolah.

5. Sering Kehilangan Barang atau Uang

Jika anak Anda sering kehilangan barang-barang pribadi atau uang tanpa ada alasan yang jelas, itu bisa menjadi tanda bahwa anak Anda menjadi korban pencurian, pemerasan atau eksploitasi oleh pelaku bullying di sekolah. 

6. Menjadi lebih Tertutup

Anak yang dulunya terbuka dan percaya diri namun tiba-tiba menjadi lebih tertutup dan enggan berbicara tentang pengalaman mereka di sekolah, mungkin sedang berusaha menyembunyikan fakta bahwa mereka dibully.

7. Perubahan dalam Prestasi Akademis

Perhatikan jika anak tiba-tiba mengalami penurunan dalam prestasi akademis mereka tanpa alasan yang jelas. Bullying dapat menyebabkan stres dan gangguan emosional yang mengganggu kemampuan anak untuk belajar dengan baik.

BACA JUGA:Tips Jika Anak Terkena Bullying, Begini Agar Tak Terulang!

BACA JUGA:5 Game PlayStation 2 yang Layak Dibuat Ulang, Ada Bully

Penting untuk mengambil tindakan jika Anda mencurigai bahwa anak Anda sedang mengalami bullying di sekolah. Bicaralah dengan anak Anda dengan lembut dan pastikan mereka merasa didukung untuk mengungkapkan apa yang sedang terjadi.

Selain itu, berkomunikasilah dengan guru dan staf sekolah untuk mencari solusi bersama dan memberikan perlindungan kepada anak Anda. Bullying bukanlah sesuatu yang harus diabaikan, dan dengan langkah-langkah yang tepat, kita dapat membantu melindungi anak-anak dari dampak negatifnya. (dda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: