7 Tanda-Tanda Anak Anda Menjadi Korban Bullying di Sekolah

7 Tanda-Tanda Anak Anda Menjadi Korban Bullying di Sekolah

Tanda-tanda anak menjadi korban bullying di sekolah -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bullying di sekolah adalah masalah yang serius yang dapat memengaruhi kesehatan emosional dan mental anak-anak. Sayangnya, tidak semua anak berani atau mampu untuk mengungkapkan bahwa mereka sedang mengalami Bullying. Oleh karena itu, sebagai orang tua dan pendidik, penting untuk memahami tanda-tanda bahwa anak mungkin menjadi korban Bullying. Dalam artikel ini, kita telah merangkum tentang tanda-tanda anak mengalami Bullying atau perundungan di sekolah.

Mengenal Tentang Bullying

Bullying adalah perilaku agresif dan berulang yang ditujukan kepada seseorang yang memiliki kekuatan atau kelemahan yang dirasakan oleh pelaku sebagai kelemahan atau kekurangan. Ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk fisik, verbal, sosial, dan bahkan secara daring (cyberbullying). Bullying sering dilakukan oleh satu individu atau sekelompok individu yang memiliki kekuatan atau keunggulan dalam situasi tertentu, sementara korban merasa tidak mampu atau sulit untuk mempertahankan diri.

Perilaku bullying dapat mencakup penghinaan, ejekan, ancaman, penolakan, isolasi, perundungan fisik, pencurian, atau penyebaran gosip dan rumor yang merugikan. Bullying sering terjadi di lingkungan sekolah, tetapi juga bisa terjadi di tempat kerja, di tempat umum, atau bahkan di dunia maya.Bullying tidak hanya memiliki dampak emosional dan psikologis yang serius pada korban, tetapi juga dapat mempengaruhi kesejahteraan fisik, prestasi akademis, dan kepercayaan diri mereka.

BACA JUGA:4 Cara Mencegah Cyberbullying di Dunia Maya Untuk Perlindungan Diri

BACA JUGA:Orang tua wajib tahu! 5 Tindakan Pemulihan Yang Harus Dilakukan Pada Anak Korban Bullying

Tanda Anak Menjadi Korban Bullying di Sekolah

Berikut ini adalah beberapa tanda anak menjadi korban bullying di sekolah:

1. Perubahan Perilaku

Perubahan perilaku secara drastis pada anak dapat menjadi tanda yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama dalam konteks potensi bullying di sekolah. Jika anak tiba-tiba menjadi lebih tertutup, cemas, atau menunjukkan perubahan emosional yang signifikan, ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Perhatikan perubahan mendadak dalam kebiasaan tidur, nafsu makan, atau minat dalam aktivitas-aktivitas yang biasa mereka sukai.

2. Sering Mengalami Luka

Jika anak Anda sering mengalami luka atau cedera tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka sedang mengalami kekerasan fisik dari pelaku bullying di sekolah. Beberapa luka yang mungkin mereka alami termasuk memar, lecet, atau luka-luka lainnya yang tidak dapat dijelaskan dengan aktivitas sehari-hari.

3. Sering Menolak Pergi ke Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: