Unik, 500 Nopia untuk Dekor TPS 10 di Pekunden

Unik, 500 Nopia untuk Dekor TPS 10 di Pekunden

KPPS dibantu oleh Linmas mendirikan TPS 10 Desa Pekunden yang didesain menggunakan dekorasi sebanyak 500 biji nopia, Selasa (13/2/2024).-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Desa Pekunden, Kecamatan Banyumas kelihatan unik. Sebab, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mendekoarasi TPS menggunakan 500 nopia.

Ketua KPPS TPS 10, Agus Silo menyampaikan, 500 biji nopia setara dengan sepuluh kilogram. Nopia untuk dekorasi TPS diproduksi khusus berwarna-warni. Ada merah, kuning, hijau dan putih.

"Warna-warni nopia melambangkan keberagaman. Kita semua boleh berbeda pilihan politik tapi tetap utamakan kerukunan dan seduluran," papar Agus, Selasa (13/2/2024) di sela aktivitas membuat TPS.

Lokasi TPS 10 berada di halaman basecamp wisata edukasi Kampung Nopia. Butir-butir nopia warna-warni dimasukan wadah plastik panjang. Lalu diikat menggantung ke atap. Selain itu, nopia dibentuk huruf dan angka sebagai identitas TPS 10.

BACA JUGA:TPS di Desa Karangbenda Cilacap Didesain Layaknya Tempat Hajatan Pernikahan

BACA JUGA:Nuansa Valentine Hiasai TPS 007 Desa Rejamulya, Cilacap

KPPS sengaja memakai nopia untuk dekorasi TPS dalam rangka upaya meningkatkan popularitas. Ciri khas Kampung Nopia dan untuk membedakan dengan TPS lainnya.

"Perajin nopia bangga bahwa produknya ternyata dapat digunakan untuk dekorasi. Semoga nopia semakin mendunia," imbuh Agus.

Di gapura pintu masuk TPS yang tepat berada di pinggir jalan kabupaten, tidak ketinggalan dipasang nopia. Sehingga, ketika pemilih datang langsung disuguhkan dekorasi nopia.

Setelah selesai tahapan penghitungan suara. Warga baru diperbolehkan mengambil dekorasi yang terbuat dari nopia.

BACA JUGA:Bertema Valentine, TPS di Sokaraja Bagikan Cokelat Kepada Pemilih Yang Datang

BACA JUGA:Personel Pengamanan Mulai Bergeser ke TPS, Diminta Waspadai Provokator

"Selain mengamankan logistik pemilu, juga siap menjaga dekorasi yang terbuat dari 500 biji nopia," ujar anggota Linmas, Suyanto.

Selain KPPS, proses pendirian TPS 10 dibantu oleh anggota Linmas Desa Pekunden. Dekorasi sekaligus memanfaatkan fasilitas wisata Kampung Nopia agar suasana semakin semarak. Di antaranya payung dan caping dipasang di berbagai titik. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: