Pj Bupati Banyumas Pantau Pemilih Disabilitas di Nusadadi

Pj Bupati Banyumas Pantau Pemilih Disabilitas di Nusadadi

Pj Bupati Banyumas berinteraksi dengan pemilih disabilitas dan orang tuanya di Desa Nusadadi, Minggu (11/2/2023).-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY - Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro melakukan pemantauan pemilih disabilitas di Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpiuh, Minggu (11/2/2024). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 Panwaslu Kecamatan Sumpiuh.

Fadilah Khaerunnisa (23) terdaftar sebagai pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 Desa Nusadadi. Dia mengalami lumpuh sejak lahir. Sehingga, tidak dapat beraktivitas secara normal.

"Disabilitas ini masuk DPT (Daftar Pemilih Tetap). Kalau tadi disampaikan oleh bu dokter, beliau (Fadilah) tidak menangkap sebenarnya karena kelumpuhan otak," kata Hanung di rumah penyandang disabilitas.

Lebih lanjut Hanung menyampaikan dirinya tidak mengerti ekspresi dari Fadilah ketika berinteraksi, apakah sedang tertawa atau sakit. Tampaknya, Fadilah seperti berusaha mengatakan sesuatu.

BACA JUGA:Beri Ruang Bagi Atlet Disabilitas, NPCI Banyumas Bakal Pertandingkan Delapan Cabor Dalam Kejurkab Awal Maret

BACA JUGA:KPU Cilacap Libatkan Disabilitas Untuk Pelipatan Surat Suara

Setelah berbincang dengan orang tua penyandang disabiltas di rumahnya. Hanung kemudian melakukan pengecekan lokasi TPS dimana Fadilah terdaftar.

"Sepanjang tidak ada keterangan medis yang menyatakan gangguan jiwa atau disabilitas mental, maka kami KPU tetap melayani," kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sumpiuh Sugeng Siswanto.

Sehubungan dengan pemilih disabilitas, Humas Panwaslu Kecamatan Sumpiuh menyatakan telah merekomendasikan kepada PPK, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mendatangi pemilih disabilitas ke rumahnya di saat hari pemungutan suara pada 14 Februari mendatang. 

"Kotak suara keliling mendatangi pemilih disabilitas ke rumahnya dengan menyertakan saksi dari partai. Keluarga atau petugas memilih berdasarkan atas arahan atau perintah dari pemilih disabilitas," jelas Humas Panwaslu Kecamatan Sumpiuh Gustono. 

Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 Panwaslu Kecamatan Sumpiuh diikuti oleh seluruh Pengawas TPS di wilayah Kecamatan Sumpiuh. Hadir dalam kegiatan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Sumpiuh, kepala desa/lurah, puskesmas, PPK Sumpiuh, Satpol PP, perwakilan partai politik dan pihak terkait lainnya. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: