Apel Pengawasan Tahapan Pemilu, Bawaslu Ingatkan Jajaran Jaga Profesionalitas dan Netralitas

Apel Pengawasan Tahapan Pemilu, Bawaslu Ingatkan Jajaran Jaga Profesionalitas dan Netralitas

Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu 2024, di Kompleks Goa Lawa Purbalingga, Minggu, 4 Februari 2024.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PURBALINGGA melaksanakan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu 2024, di Kompleks Goa Lawa PURBALINGGA, Minggu, 4 Februari 2024.

Kegiatan diikuti oleh 54 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan dan 239 anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), di Kabupaten Purbalingga.

Selain itu, juga diikuti oleh perwakilan dari partai politik (parpol) dan tim sukses dari pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga Misrad mengatakan, apel dilaksanakan menyambut masa tenang dan menjelang pemungutan suara Pemilu 2024.

BACA JUGA:Ketua Bawaslu Purbalingga : Waspadai Pelanggaran Coblos Menggunakan KTP-el

"Kami ingin mengecek kesiapan teman-teman dalan melakukan pengawasan dan penguasaan regulasi, agar bisa mengawasi tahapan Pemilu dengan baik," katanya kepada Radarmas.

Fokus dari pengawasan menjelang hari pemungutan suara atau saat masa tenang adalah kampanye terselubung di luar masa kampanye, serta antisipasi politik uang.

Selain itu, jajaran Panwaslu Kecamatan, PKD, serta Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), juga diminta mengawasi tahapan distribusi logistik Pemilu 2024.

Hal itu dilakukan agar distribusi logistik Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar, serta tidak ditemukan pelanggaran.

BACA JUGA:Selama Kampanye, Bawaslu Kabupaten Purbalingga Identifikasi Empat Dugaan Pelanggaran

Bawaslu Kabupaten Purbalingga juga meminta kepada jajaran untuk bisa menjaga profesionalitas, independensi dan netralitas.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilaksanakan secara pelepasan balon merah dan putih, sebagai simbolis pengawasan yang memetingkan persatuan dan kesatuan negara.

Setelah itu, dilaksanakan talkshow dan panggung hiburan. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: