Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat dari tanaman jahe untuk kesehatan tubuh.-Fahma Ardiana-

Normalnya, tubuh memproduksi insulin untuk menjaga agar kadar gula darah tidak naik. Namun, penderita diabetes tipe 2 seringkali tidak memproduksi cukup insulin, sehingga menyebabkan penumpukan glukosa dalam aliran darah. Pengaruh jahe terhadap kadar gula darah tentunya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

3. Meredakan Gejala Osteoartritis

BACA JUGA:Resep Kue Jahe Lezat dengan Bentuk Lucu untuk Merayakan Natal

BACA JUGA:Rutin Minum Jahe Merah, Bisa Hindari Virus Corona

Osteoartritis merupakan salah satu jenis radang sendi atau radang sendi, dan penderitanya sering kali mengalami nyeri dan kekakuan sendi. Nyeri dapat mengganggu aktivitas dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kelumpuhan. Telah ditemukan bahwa mengonsumsi 500 mg air jahe setiap hari selama 3 hingga 12 minggu dapat mengurangi rasa sakit pada beberapa penderita osteoartritis lutut.

4. Membantu Melawan Infeksi

Jahe mengandung gingerol, shogaol, dan paradol yang semuanya memiliki sifat antibakteri. Dimana bahan aktif tersebut dapat membantu tubuh melawan bakteri penyebab infeksi. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menunjukkan bahwa ekstrak jahe efektif melawan bakteri mulut penyebab radang gusi. Gingivitis disebabkan oleh plak yang menumpuk dan mendorong pertumbuhan bakteri. Periodontitis juga merupakan infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan menghancurkan tulang gusi.

Itulah dia beberapa manfaat dari tanaman jahe untuk kesehatan tubuh. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: