Perbedaan Hemat dan Pelit yang Harus Diperhatikan

Perbedaan Hemat dan Pelit yang Harus Diperhatikan

Beberapa perbedaan dari hemat dan pelit yang harus diperhatikan agar tidak keliru.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Setiap orang mempunyai cara tersendiri dalam mengatur keuangan dan pengeluaran sehari-hari. Salah satu cara yang paling umum digunakan oleh banyak orang adalah penghematan.

KBBI mengartikan berhemat adalah membelanjakan uang atau hal lain secara hati-hati atau hati-hati agar tidak terbuang percuma. Berhemat berarti memiliki pengendalian diri yang baik karena pengeluaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Gaya hidup hemat memiliki banyak manfaat, terutama dalam kaitannya dengan kondisi keuangan Anda di masa depan. Karena Anda sudah mempunyai tabungan, menabung setidaknya akan membuat rasa cemas Anda akan masa depan berkurang.

Namun masih banyak orang yang mengatakan bahwa orang hemat itu pelit karena tidak mau mengeluarkan uang tergantung kondisi. Padahal sebenarnya hemat dan pelit adalah dua hal yang sangat berbeda. Apa bedanya hemat dan pelit? Lihat penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA:Inilah Tips Hidup Hemat Supaya Kamu Lebih Menghargai Uang

BACA JUGA:Beberapa Tips Hidup Hemat untuk Mahasiswa

Perbedaan Hemat dan Pelit

Berikut merupakan perbedaan gaya hidup hemat dan pelit:

1. Gaya Hidup

Menurut J.I., Michelle Suhari, dalam bukunya ``Panduan Menjadi Karyawan Sukses'' mengatakan bahwa salah satu perbedaan antara hemat dan pelit adalah pada gaya hidup. “Berhemat” mengacu pada gaya hidup di mana Anda tidak mengeluarkan uang untuk memuaskan keinginan Anda, dan “pelit” mengacu pada gaya hidup di mana Anda tidak mengeluarkan apa pun untuk memuaskan keinginan Anda.

BACA JUGA:Kelebihan Menabung di Bank yang Harus Kamu Ketahui

BACA JUGA:Manfaat Menabung untuk Anak Sejak Usia Dini

Maksudnya, daripada membelanjakan uangnya untuk keperluan sendiri seperti orang yang hemat, mereka malah pelit sehingga tidak mau mengeluarkan uang untuk apa pun kecuali untuk kebutuhannya sendiri, termasuk kebutuhannya sendiri.

2. Tujuan Menabung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: