Hujan Deras, Talud Longsor Timpa Rumah Warga di Desa Serayu Larangan

Hujan Deras, Talud Longsor Timpa Rumah Warga di Desa Serayu Larangan

Warga tengah melakukan pembersihan material longsor di Desa Serayu Larangan.-KADES SERAYU LARANGAN UNTUK RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dipicu hujan deras yang mengguyur, talud di Dusun 1 RT 2 RW 1, Desa Serayu Larangan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, longsor, pada Sabtu,27 Januari 2024.

Akibatnya dua rumah yang berada di bawah talud tersebut, tertimpa matrerial longsoran. Selain itu, rumah yang berada di atas talud kondisinya menggantung.

Kepala Desa Serayu Larangan Fajar Prasetyo Utomo mengatakan, akibat longsornya talud penahan tanah tersebut, rumah milik Susuati dan Sokhidi terkena material longsoran.

"Material longsoran mengenai teras rumah," katanya kepada Radarmas, Minggu, 28 Januari 2024.

BACA JUGA:Talud dan Badan Jalan Penghubung Dua Desa di Sindang Longsor

Dia menjelaskan, tak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian tersebut. Namun, akibat kejadian tersebut pemilik rumah mengalami kerugian material sebesar Rp 20 juta.

Diduga talud longsor karena bangunan yang tidak kokoh. Sebab, diketahui talud tersebut tidak diperkuat menggunakan besi cor untuk mengikat talud.

Sehingga, tiga kuat menahan tanah yang tergerus guyuran air hujan. Apalagi curah hujan tinggi sejak bebarapa waktu terakhir. Diketahui, hujan deras mengguyur wilayah Desa Serayu Larangan."Kejadian (talud longsor) yang sama sudah terjadi tiga kali," imbuhnya.

Namun, kali ini longsongan menimpa rumah yang ada di bawahnya. Sehingga, menimbulkan kerugian material.Dia menambahkan, warga sudah melakukan gotong-royong pembersihan material longsor, pada Minggu pagi. "Material sudah dibersihkan," tegasnya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: