Bencana Longsor, Tebing Timpa Rumah Warga di Jeruklegi, Cilacap

Bencana Longsor, Tebing Timpa Rumah Warga di Jeruklegi, Cilacap

Kondisi material longsoran yang menimpa rumah warga Desa Jeruklegi Kulon hingga saat ini belum mendapatkan penanganan, Minggu (28/1/2024).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Intensitas hujan yang tinggi yang terjadi di wilayah Kabupaten CILACAP, mengakibatkan kejadian bencana di beberapa tempat. Salah satunya bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Danasri, Desa Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten CILACAP pada Sabtu (27/1/2024) sekitar pukul 18.30 WIB.

Tebing setinggi 10 meter yang berada di samping rumah Atmo Tarsim (60) longsor hingga menimpa teras serta ruang tamu. Akibatnya bagian rumah tersebut mengalami rusak berat.

"Hujan deras yang terjadi pada hari Sabtu kemarin, mengakibatkan tanah longsor hingga menimpa rumah warga Desa Jeruklegi Kulon semalam. Hingga saat ini belum ada penanganan," kata Kasi Trantib Kecamatan Jeruklegi Syihab Alfaritsi kepada Radarmas, Minggu (28/1/2024).

Pihaknya bersama relawan sudah melakukan pengecekan, serta inventarisir kerusakan yang diakibatkan bencana tanah longsor tersebut.

BACA JUGA:Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Wilayah Cilacap

BACA JUGA:262 Event Gempa Bumi Terjadi Selama 2023 di Kabupaten Cilacap

"Kita sudah data. Kerugian mencapai Rp 50 juta. Kita sudah laporkan ke dinas terkait penangannya, karena membutuhkan alat berat untuk merelokasi material longsoran," lanjutnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap Budi Setyawan menambahkan, selain bencana tanah longsor, terjadi angin kencang di wilayah Mertasinga dan Kedungreja.

"Angin kencang menerpa wilayah Rawa Bendungan, Mertasinga. Bencana serupa juga terjadi di wilayah Kecamatan Kedungreja, 6 rumah di Desa Ciklapa dilaporkan mengalami kerusakan dalam kejadian itu," terangnya.

Selain itu, di Kecamatan Wanareja tepatnya di Desa Malabar sebuah pagar halaman rumah milik warga sepanjang 10 meter dilaporkan longsor hingga menutup jalan Kabupaten.

BACA JUGA:Gelombang Tinggi di Cilacap Berpotensi Hingga Akhir Pekan

BACA JUGA:Stok Melimpah, Harga Komoditas Cabai Rawit di Cilacap Turun

"Sedangkan di Kecamatan Wanareja dilaporkan terjadi tanah longsor hingga meruntuhkan pagar halaman warga. Serta di Desa Madura dilaporkan tanggul sungai Cibaganjing jebol hingga debit air menggenangi wilayah persawahan sekitar 30 hektare," lanjutnya.

Dengan beberapa kondisi tersebut pihak BPBD Kabupaten Cilacap telah melakukan assesment di lapangan serta pendataan untuk proses penanganan lebih lanjut. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: