Ingin Miliki Rumah? Simak 6 Tips Memilih KPR dengan Bijak!

Ingin Miliki Rumah? Simak 6 Tips Memilih KPR dengan Bijak!

Tips Memilih KPR yang Tepat-Freepik-

Sebelum mengajukan KPR, penting untuk memperhatikan beberapa tips memilih KPR berikut ini!

1. Hindari Rayuan Bunga Rendah

Salah satu tips memilih KPR adalah menolak godaan bunga rendah dari bank. Bunga merupakan faktor terbesar yang memengaruhi jumlah cicilan bulanan. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan bunga yang ditawarkan sejak awal agar tidak terbebani ketika pembayaran tagihan datang. 

Dalam KPR, terdapat suku bunga tetap dan mengambang. Suku bunga tetap menawarkan cicilan yang lebih rendah, namun hanya berlaku untuk beberapa tahun pertama, sedangkan suku bunga mengambang akan mengikuti kebijakan Bank Indonesia sehingga bisa berubah-ubah.

2. Sesuaikan Kebutuhan dengan Kemampuan Keuangan

Selain mempertimbangkan bunga, tips memilih KPR yang tepat juga memerlukan penyesuaian cicilan dengan kemampuan finansial. Prinsip perencanaan keuangan, seperti alokasi dana untuk kebutuhan sosial, investasi, cicilan, dan pengeluaran sehari-hari, harus diterapkan. 

Pastikan cicilan KPR tidak melebihi 30% dari total penghasilan untuk menghindari risiko kenaikan suku bunga yang dapat meningkatkan cicilan bulanan.

BACA JUGA:Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat Taman Rumah

BACA JUGA:7 Kekurangan Genteng untuk Atap Rumah, Memakan Banyak Biaya

3. Teliti Kredibilitas Pengembang

Riset awal terhadap kredibilitas pengembang properti itu sangat penting. Hal ini membantu menghindari penipuan dan kerugian di masa depan. 

Melalui penelitian ini, Anda dapat melihat rekam jejak pengembang dalam menjual properti sebelumnya. Anda juga bisa memeriksa visi, misi, dan pencapaian pengembang melalui situs web resmi atau media sosial.

4. Telusuri Program KPR yang Tersedia

Setelah meneliti kredibilitas pengembang, periksa program KPR yang ditawarkan. Hal ini untuk memastikan kesesuaian harga dengan kondisi rumah yang sebenarnya. Selain itu, pastikan rumah tersebut tidak memerlukan renovasi yang banyak dan tanyakan riwayat perbaikan sebelumnya.

5. Pertimbangkan Durasi Pembayaran Cicilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: