Ingin Miliki Rumah? Simak 6 Tips Memilih KPR dengan Bijak!

Ingin Miliki Rumah? Simak 6 Tips Memilih KPR dengan Bijak!

Tips Memilih KPR yang Tepat-Freepik-

Salah satu tips memilih KPR yang sangat penting adalah mempertimbangkan jangka waktu pembayaran cicilan. Biasanya, dalam jangka waktu yang lebih panjang, jumlah cicilan bulanan tidak terlalu besar, namun Anda akan membayar lebih banyak bunga dalam jangka panjang. 

BACA JUGA:Tips Menata Taman Depan Rumah Secara Sederhana

BACA JUGA:Rekomendasi Bahan Bangunan Terbaik untuk Membangun Rumah

Di sisi lain, dengan jangka waktu pembayaran yang lebih pendek, jumlah cicilan bulanan cenderung lebih tinggi, cocok bagi mereka yang ingin berinvestasi. Yang terpenting, pemilihan jangka waktu cicilan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

6. Perhatikan Waktu Penyelesaian dan Penyerahan Kunci

Setiap bank memiliki kebijakan tersendiri terkait waktu penyelesaian pengajuan KPR. Umumnya, proses pengajuan memakan waktu sekitar dua minggu hingga satu bulan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui estimasi waktu penyelesaian agar dapat disesuaikan dengan jadwal lainnya. 

Ketika memilih rumah yang siap huni, pastikan untuk menanyakan kepada pengembang kapan persisnya kunci akan diserahkan. Ini penting untuk memastikan hak Anda sebagai pembeli terpenuhi, dan jika terjadi penundaan, Anda perlu mengkomunikasikan keberatan Anda sesuai dengan kesepakatan awal.

Sebelum membeli rumah, penting untuk mengikuti beberapa tips memilih KPR yang sesuai seperti yang telah disebutkan di atas. Selain memahami bagaimana cara memilih KPR, penting juga untuk berdiskusi secara langsung dengan pasangan Anda tentang hal ini. (amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: