Pembangunan Jembatan Wika Masih Tak Sesuai Target

Pembangunan Jembatan Wika Masih Tak Sesuai Target

Pekerja tengah melakukan pemasangan lantai jembatan.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Proges pembangunan Jembatan Wirasana-Kalikajar (Wika) di Sungai Klawing, Kabupaten Purbalingg masih mengalami deviasi atau kurang dari target.

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga terakhir, progres masih mengalami deviasi 1,529 persen.

Kepala DPUPR Kabupaten Purbalingga Istanto Sugondo mengatakan, dari target 93,857 persen. Data terakhir terpantau baru mencapai 92,327 persen.

Meski demikian, dia melihat progres pembangunan semakin baik dari pekan ke pekan. Karena deviasi yang tercatat semakin turun.

BACA JUGA:Jembatan Wika Gagal Diselesaikan Hingga Batas Perpanjangan, Rekanan Disanksi Denda Berjalan

Dia menjelaskan, pembangunan kedua sisi bentang jembatan sudah tersambung. Bahkan di sisi bentang Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang sudah selesai dicor, termasuk trotoar untuk pejalan kaki.

"Guardrail (pagar pengaman jalan, red) juga mulai dipasang," jelasya kepada Radarmas, Kamis, 25 Januari 2024.

Dia menambahkan, untuk sisi Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga juga sudah masuk ke tahap masih pengecekan chamber, baut, dan leveling.

"Kalau ini clear, lanjut pembesian, lalu baru ke tahap cor lantai jembatan," tambahnya.

BACA JUGA:DPUPR Purbalingga Perpanjang Waktu Pekerjaan Jembatan Wika Hingga 27 Desember 2023

Pihaknya menargetkan pada tanggal 30 Januari 2024, sudah dilakukan pengecoran lantai jembatan di sisi Kelurahan Wirasana.

Berdasarkan pantauan Radarmas di lapangan, Kamis, 25 Januari 2024, sudah dilakukan pemasangan lantai jembatan, sebagai tahap awal untuk dilakukan pengecoran.

Diketahui, tahun lalu, rekanan yang mengerjakan pembangunan Jembatan Wika gagal menyelesaikan perjaan hingga tahun 2023 usai.

Meski demikian Pemerintah Kabupaten Purbalingga memberikan kesempatan kepada rekanan, untuk menyelesaikan hingga 50 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: