Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

Beberapa cara untuk mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam yang bisa diterapkan oleh para orang tua muslim.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Anak adalah anugerah bagi semua orang tua. Selanjutnya anak merupakan tumpuan amanah bagi orang tua, yang mempunyai tugas untuk membesarkan anak menjadi manusia yang baik, mandiri, percaya diri, dan berkarakter. 

Meskipun setiap orang tua mempunyai caranya masing-masing dalam membesarkan anak, penting bagi orang tua Muslim untuk memahami pola asuh Islami sebagai langkah menuju membesarkan anak mereka secara Islami. Melaksanakan pendidikan Islam bukanlah hal yang mudah. 

Para ibu membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan pola asuh yang tepat agar anaknya tumbuh dengan nilai-nilai Islam yang kuat. Sebab, dalam Islam, membesarkan anak yang shaleh tidak hanya bertujuan untuk kesejahteraan anak, namun juga kesejahteraan orang tua dan lingkungan.

Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

BACA JUGA:Cara Merekatkan Hubungan dengan Anak Angkat

BACA JUGA:Orang Tua Harus Jauhi Mental Miskin Jika Ingin Sang Anak Sukses

 

 

Lalu bagaimana cara membesarkan anak secara Islami sesuai petunjuk Al-Quran? Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam yang bisa diterapkan oleh para orang tua muslim:

1. Mendengarkan Al-Quran Sejak Lahir

Membacakan ayat-ayat Al-Quran secara langsung atau melalui MP4 sejak anak Anda lahir atau sejak dalam kandungan. Anak-anak yang terbiasa membaca ayat-ayat Al-Quran setiap hari akan lebih mudah dalam menghafal dan menghafal Al-Quran. 

Pengenalan pemahaman orang tua secara bertahap akan memudahkan proses pendidikan Islam pada anak untuk dilaksanakan. Apalagi jika orang tua menambahkan cerita-cerita Islami dalam Al-Quran yang mudah dipahami anak.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat Orang Tua dan Anak

BACA JUGA:Belajar Parenting untuk Anak Muda Sebelum Menjadi Orang Tua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: