Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

Beberapa cara untuk mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam yang bisa diterapkan oleh para orang tua muslim.-Fahma Ardiana-

 

 

2. Mengajarkan Dasar-Dasar Islam dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara termudah untuk mengamalkan pola asuh Islami di rumah adalah dengan mengajarkan dasar-dasar Islam dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hal terpenting adalah mengenalkan anak pada Sang Pencipta, dengan cara mengajari anak anda kata-kata tauhid, syahadat, dan shalawat sejak dini dan ingatlah selalu.

3. Memberikan Teladan yang Baik

Mengajarkan doa tentu lebih mudah jika orang tua terlebih dahulu memberi contoh. Ketika waktu salat tiba, ajaklah anak untuk segera ikut bersama orang tuanya dalam salat fardhu. Seiring bertambahnya usia terutama untuk anak laki-laki, akan menjadi kebiasaan baik baginya untuk membiasakan shalat di masjid. 

4. Membaca Kisah Nabi

Cara mengamalkan pendidikan Islam selanjutnya adalah dengan membaca hikmah dan kisah Nabi serta tokoh muslim lainnya sejak dini. Tolong jelaskan kepada mereka bahwa mereka berhak mengidolakan para nabi, bukan hanya tentang pahlawan super atau karakter fantasi lainnya.

Sejak kecil, ibu bisa tidak hanya dengan membaca cerita tentang Nabi, tetapi juga tentang para sahabat Nabi dan tokoh Islam lainnya. Tolong ceritakan dengan bahasa yang sederhana dan mudah agar anak dapat memahami maksud dan inti ceritanya.

Itulah dia beberapa cara untuk mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam yang bisa diterapkan oleh para orang tua muslim. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: