Empat CCTV Dinhub di Persimpangan Sirongge Mulai Beroperasi

Empat CCTV Dinhub di Persimpangan Sirongge Mulai Beroperasi

Ramai : Arus lalulintas di perempatan Sirongge selalu ramai, terutama sore dan pagi hari.-Amarullah Nurcahyo/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Empat alat CCTV (Closed Circuit Television) atau kamera intai saat ini sudah terpasang di perempatan Sirongge, Purbalingga. Meski belum bisa diakses online oleh masyarakat, namun sudah bisa terpantau petugas dan berkordinasi dengan Satlantas Polres Purbalingga saat dibutuhkan penanganan lalulintas.

Kepala Dinas Perhubungan Purbalingga Raditya Widayaka, melalui Kabid Lalulintas Sunarno, Minggu 7 Januari 2024 menjelaskan, kamera yang digunakan untuk memata-matai, memantau, atau merekam kondisi suatu lokasi untuk tujuan tertentu itu sudah terekam di dekoder dinas.

"Terkait anggaran, karena harus ada alat lagi jika akan diakses online, maka butuh dana tambahan lagi. Jadi sementara pantauan langsung dan lewat monitor di dinas," katanya.

Ia mengklaim, saat sudah beroperasi, jalur yang sangat padat pada jam berangkat dan pulang kerja itu bisa terpantau maksimal. Sehingga jika ada kemacetan, bisa langsung komunikasi dengan Satlantas Polres Purbalingga untuk penanganannya.

BACA JUGA:Bulan Ini CCTV di Persimpangan Sirongge Purbalingga Beroperasi

"Kan bisa dipantau real-time. Jadi lebih cepat gerak penanganannya," tambahnya.

Kamera tersebut dipasang empat sisi di setiap ujung persimpangan. Sehingga mampu memantau semua ruas jalan yang dilalui kepadatan kendaraan.

"Kamera ini juga bisa berfungsi sebagai alat bukti merekam saat ada kejadian di jalan raya, baik kecelakaan lalulintas maupun kejahatan," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, adanya CCTV juga bisa membantu penanganan saat terjadi kemacetan maupun kecelakaan dengan lebih cepat. “Selain CCTV, sepanjang tidak ada kerusakan dikurun waktu yang sama, maka rambu lalulintas lainnya masih bisa berfungsi baik,” ujarnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: