Bulan Ini CCTV di Persimpangan Sirongge Purbalingga Beroperasi

Bulan Ini CCTV di Persimpangan Sirongge Purbalingga Beroperasi

Arus lalulintas di perempatan Sirongge yang kerap memicu kemacetan arus lalulintas sore dan pagi hari.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - CCTV (Closed Circuit Television) alias kamera yang digunakan untuk memata-matai, memantau, atau merekam kondisi suatu lokasi untuk tujuan tertentu,dalam bulan Oktober ini mulai dioperasikan. Yaitu di perempatan Sirongge Kelurahan Kembaran Kulon, Kecamatan PURBALINGGA.

"Hari ini, Rabu 4 Oktober 2023 sedang diselesaikan pemasangan jaringan internet yang terhubung dengan peralatan. Dalam Oktober ini diupayakan bisa difungsikan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga, Raditya Widayaka.

Ia mengklaim, saat sudah beroperasi, jalur yang sangat padat pada jam berangkat dan pulang kerja itu bisa terpantau maksimal. Sehingga jika ada kemacetan, bisa langsung komunikasi dengan Satlantas Polres Purbalingga untuk penanganannya.

BACA JUGA:Konsultasi Publik Kesatu Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Perkotaan Wangon, Banyumas, Mundur

BACA JUGA:Optimalisai Pajak dan Retribusi Tahun 2024, Ini yang Bakal Dilakukan Pj Bupati

"Kan bisa dipantau real-time secara online. Jadi lebih cepat gerak penanganannya," tambahnya.

Kamera tersebut dipasang empat sisi di setiap ujung persimpangan. Sehingga mampu memantau semua ruas jalan yang dilalui kepadatan kendaraan.

"Kamera ini juga bisa berfungsi sebagai alat bukti merekam saat ada kejadian di jalan raya, baik kecelakaan lalulintas maupun kejahatan," tegasnya.

BACA JUGA:169 Calon Jamaah Haji Banyumas Ikuti Perekaman Data Pelimpahan Porsi

BACA JUGA:Pelaku UMKM di Purbalingga Diklaim Tak Terdampak Penutupan Tik Tok Shop

CCTV bisa diakses online melalui server maupun smartphone. Tak hanya itu, adanya CCTV bisa membantu penanganan saat terjadi kemacetan maupun kecelakaan dengan lebih cepat.

“Selain CCTV, sepanjang tidak ada kerusakan dikurun waktu yang sama, maka rambu lalulintas lainnya masih bisa berfungsi baik,” tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: