Indahnya Gua Jatijajar Kebumen Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Indahnya Gua Jatijajar Kebumen Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Indahnya Gua Jatijajar Kebumen-tiket.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gua Jatijajar adalah salah satu objek wisata alam yang populer di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Gua ini terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jarak gua ini dari Kota Kebumen adalah sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Gua Jatijajar terbentuk secara alamiah dari proses pelarutan air hujan terhadap batuan kapur. Gua ini memiliki panjang sekitar 250 meter, lebar rata-rata 15 meter, dan tinggi rata-rata 12 meter.

Gua Jatijajar memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dinding-dinding gua ini dihiasi oleh berbagai macam stalaktit dan stalakmit yang terbentuk selama jutaan tahun. Stalaktit adalah formasi batuan yang menggantung dari langit-langit gua, sedangkan stalakmit adalah formasi batuan yang tumbuh dari dasar gua.

Selain stalaktit dan stalakmit, Gua Jatijajar juga memiliki berbagai macam ornamen gua lainnya, seperti pilar, koral, dan tirai. Ornamen-ornamen ini terbentuk dari proses pelarutan air hujan yang berlangsung secara terus-menerus.

BACA JUGA:Wisata Sejarah Benteng Van Der Wijck Kebumen

BACA JUGA:Penginapan Murah dan Nyaman dekat Pantai Menganti Kebumen

Gua Jatijajar juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Gua ini pernah dijadikan sebagai tempat pemujaan oleh masyarakat Hindu-Buddha pada zaman dahulu. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai macam relief dan patung yang menggambarkan cerita-cerita Hindu-Buddha.

Daya tarik Gua Jatijajar

Gua Jatijajar memiliki berbagai macam daya tarik yang dapat memikat wisatawan, di antaranya:

- Keindahan alam Gua Jatijajar memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dinding-dinding gua ini dihiasi oleh berbagai macam stalaktit dan stalakmit yang terbentuk selama jutaan tahun.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Wisata Pantai Kebumen Favorit, Dengan Pemandangan Instagramable

BACA JUGA:Sepuluh Tenaga Non PNS Kecamatan Ajibarang, Banyumas Tandatangani Perjanjian Kerja

- Nilai sejarah Gua Jatijajar memiliki nilai sejarah yang tinggi. Gua ini pernah dijadikan sebagai tempat pemujaan oleh masyarakat Hindu-Buddha pada zaman dahulu.

- Potensi wisata Gua Jatijajar memiliki potensi wisata yang besar. Gua ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: