Antisipasi Lonjakan Arus Balik, PELNI Ingatkan Pengguna untuk Mencari Tiket Lebih Awal

Antisipasi Lonjakan Arus Balik, PELNI Ingatkan Pengguna untuk Mencari Tiket Lebih Awal

Kapal Penumpang Pelni. PT Pelni Siapkan penyesuaian rute selama periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023-PT PELNI-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PELNI (Persero) melaporkan bahwa selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang berlangsung selama 17 hari, mulai dari 11 hingga 27 Desember 2023, sebanyak 336.730 individu telah melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal PELNI.

Titik puncak perjalanan sebelum Natal 2023 mencapai tingkat tertinggi pada H-6 atau tanggal 19 Desember 2023, dengan jumlah penumpang mencapai 27.941 orang. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 105 persen dibandingkan dengan tahun 2022, di mana jumlah penumpang pada periode yang sama adalah 319.690 orang.

PELNI memproyeksikan bahwa puncak perjalanan arus balik dengan kapal PELNI akan terjadi pada H+13 atau tanggal 7 Januari 2024. Dalam rangka mengantisipasi lonjakan perjalanan arus balik tersebut, PELNI memberikan imbauan kepada semua calon pengguna untuk memastikan ketersediaan tiket guna perencanaan perjalanan mereka.

Evan Eryanto, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI, mengungkapkan bahwa pada tanggal 7 Januari 2024, diperkirakan sekitar 27.388 orang akan melakukan perjalanan kembali setelah menjalani liburan Natal dan Tahun Baru. 

BACA JUGA:PT ASDP Indonesia Ferry Terapkan Regulasi Radius Pembelian Tiket Online di Empat Pelabuhan Utama

BACA JUGA:Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap Akan Terapkan Implementasi National Logistic Ecosystem

PELNI terus mengingatkan calon penumpang agar memastikan ketersediaan tiket melalui berbagai saluran penjualan tiket, seperti PELNI Mobile Apps, situs web resmi PELNI, dan loket tiket di seluruh jaringan kantor cabang PELNI.

"Tingginya minat pelanggan kami di masa-masa liburan Natal dan Tahun Baru seperti sekarang, ya wajar kalau ada yang kehabisan tiket,” ujar Evan dalam keterangannya, Kamis 28 Desember 2023. 

Dia juga menegaskan bahwa timnya selalu memberikan saran agar pembelian tiket dilakukan dengan waktu yang mencukupi jauh sebelumnya. 

Situasi seperti ini seringkali menjadi kesempatan bagi para calo tiket, dan pihaknya akan terus mengawasi mereka secara bersama-sama dengan aparat penegak hukum guna menegakkan aturan yang berlaku.

BACA JUGA:Cek Pelaksanaan PAM Nataru, Jasa Raharja dan Korlantas Polri Meninjau Jalur Puncak Bogor

BACA JUGA:Libur Nataru, Aktivitas Penumpang di Terminal Tipe B Purbalingga Meningkat

Di samping itu, jalur dengan tingkat perjalanan paling tinggi terletak di Batam - Belawan dengan jumlah penumpang mencapai 17.628 orang selama periode 11-27 Desember 2023. Jalur yang ramai lainnya diikuti oleh Belawan - Batam (17.385); Makassar - Baubau (5.924); Jayapura - Biak (5.376); dan Baubau - Makassar (5.144).

"Kami juga mendata pelabuhan keberangkatan dengan penumpang terbanyak ada di Makassar, Ambon, Batam, Belawan dan Jayapura. Untuk mengamankan kelancaran dan keamanan selama periode Nataru ini, kami selalu berkoordinasi dengan pengelola pelabuhan maupun terminal penumpang," tukasnya. (amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://disway.id/read/751823/hingga-17-hari-libur-nataru-2023-pelni-layani-336730-penumpang#google_vignette