Baru Punya Satu, Alun-alun Purwokerto Bakal Dilengkapi Sensor Angin

Baru Punya Satu, Alun-alun Purwokerto Bakal Dilengkapi Sensor Angin

Alun-alun Purwokerto.-AAM/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Alun - alun Purwokerto, tahun ini bakal memiliki fasilitas sensor angin dan kelembaban. Sensor tersebut merupakan salah satu bentuk kolaborasi Pemkab Banyumas dengan Korea Selatan, dalam program smart city. 

"Akan dipasang dalam waktu dekat. Jaringan pendukung sudah kita siapkan, akhir bulan ini diharapkan sudah selesai," kata Kabid Statistik, Persandian, dan Infrastruktur TIK Dinkominfo Kabupaten Banyumas Imam Munsyarif.

Ia menuturkan, untuk sensor angin di Kabupaten Banyumas baru ada satu. Soal penentuan lokasi pemasangan sensor angin ia sebut, merupakan permintaan dari tim Korea Selatan. 

BACA JUGA:Persaingan Ketat, 136 Pendaftar KPPS Sumpiuh Tidak Diterima

"Permintaan dari Korea, agar dipasang di Alun-alun kemungkinan karena infrastruktur pendukung sudah siap seperti jaringan dll," tuturnya. 

Pertengahan bulan ini ia jelaskan, tim dari Korea Selatan akan menyambangi Kabupaten Banyumas untuk pemasangan alat sensor tersebut. Selain sensor cuaca, nantinya juga akan dipasang alat pendeteksi bencana dini. 

"Nanti bisa diakses oleh masyarakat langsung untuk mengetahui informasi cuaca di sekitar wilayah Kota Purwokerto," terangnya. 

BACA JUGA:SNI Berlaku Empat Tahun, Tanggung Jawab Pengelola Pasar Tambah Berat

Lanjut, pihaknya berharap nantinya projek serupa bisa diterapkan di berbagai wilayah di Kabupaten Banyumas. 

"Bulan ini sudah mulai masang jaringan infrastruktur dan sensor sudah mulai di instalasi. Mudah-mudahan ada projek selanjutnya yang dikembangkan di wilayah Kabupaten Banyumas," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: