Menyelami 5 Keunikan Sistem Pendidikan Jepang yang Mendorong Kreativitas dan Keterlibatan Siswa

 Menyelami 5 Keunikan Sistem Pendidikan Jepang yang Mendorong Kreativitas dan Keterlibatan Siswa

Keunikan Sistem Pendidikan Jepang-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tidak mengherankan bahwa Jepang diakui sebagai negara maju di Asia. Citra individu Jepang yang cerdas, rajin, gigih, dan penuh semangat berkontribusi pada kemajuan negara ini. 

Selain itu, sistem pendidikan Jepang yang sangat efektif juga merupakan faktor kunci dalam membuat negara tersebut menjadi negara maju.

Berikut beberapa keunikan sistem pendidikan Jepang yang perlu kamu ketahui. 

1. Pelaksanaan ujian sekolah yang dianggap sebagai faktor penentu arah masa depan siswa

Salah satu keunikan dari sistem pendidikan di Jepang adalah adanya ujian sekolah sebagai penentu arah masa depan. Di Jepang, diadakan ujian sebagai seleksi bagi siswa untuk menentukan apakah mereka memenuhi syarat untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Setiap siswa hanya diberikan satu kesempatan untuk diterima di institusi perguruan tinggi yang diinginkan, dan mereka hanya diperbolehkan memilih satu pilihan institusi. 

BACA JUGA:Kampus dengan Jurusan Pendidikan Terbaik di Indonesia

BACA JUGA:Negara dengan Tingkat Pendidikan Tertinggi di Dunia

Karena hal ini, siswa-siswi di Jepang bersungguh-sungguh dan berupaya semaksimal mungkin agar dapat diterima di perguruan tinggi yang mereka harapkan. Mereka dengan tekun dan tanpa ragu berusaha mencapai tujuan tersebut untuk membentuk masa depan yang diidamkan.

2. Tingkat kehadiran siswa yang mencapai 99%

Salah satu keunikan sistem pendidikan Jepang ialah para siswa memberikan nilai tinggi pada waktu belajar mereka di sekolah, dengan jarang terlihat adanya kejadian siswa yang membolos. Hal ini sesuai dengan pepatah yang menyatakan bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, bahkan lebih berharga daripada emas. 

Meskipun emas yang hilang masih dapat diganti, namun waktu yang terlewatkan tidak dapat dipulihkan atau diulang kembali. Sehingga, dalam pandangan mereka, menghormati dan memanfaatkan waktu dengan baik di sekolah menjadi suatu hal yang esensial untuk membentuk masa depan yang sukses dan memuaskan.

3. Di sekolah terdapat kegiatan pembelajaran tambahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: