Ingin Jadi Dokter? Persiapkan Diri Sejak di Bangku SMA

Ingin Jadi Dokter? Persiapkan Diri Sejak di Bangku SMA

Cara yang bisa kamu lakukan saat masih SMA agar masuk kuliah jurusan kedokteran.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Setiap tahunnya, pendaftar kuliah jurusan kedokteran di berbagai wilayah Indonesia tidak pernah sepi. Bahkan terus meningkat setiap tahunnya.

Situasi ini menunjukkan bahwa menjadi dokter masih sangat diminati. Namun, menjadi seorang dokter tidaklah mudah dan memerlukan persiapan yang matang.

Karena banyaknya pelamar pada jurusan ini, persaingannya sangat tinggi dan peluang untuk diterima bisa sangat rendah. Untuk dapat diterima di jurusan kedokteran, sebaiknya kamu mempersiapkan diri sejak masih duduk di bangku SMA. 

Berikut beberapa cara untuk menjadi dokter yang bisa dimulai sejak masih duduk di bangku SMA :

BACA JUGA:Cara Mudah Untuk Ajarkan Bahasa Inggris pada Anak SD

BACA JUGA:Deretan Kampus di Indonesia yang Miliki Jurusan Ekonomi Terbaik Tahun 2023

1. Masuk jurusan IPA

Untuk menjadi dokter, harus masuk jurusan IPA saat duduk di bangku SMA. Ini merupakan prasyarat untuk menjadi seorang dokter dan tidak boleh diabaikan.

Alasannya adalah jika kamu mengambil jurusan ilmu sosial atau bahasa di sekolah menengah, kamu tidak memenuhi syarat untuk masuk ke sekolah kedokteran. Jika kamu mengambil jurusan IPA di sekolah menengah, kamu akan belajar fisika, kimia, biologi, dan matematika.

Karena ilmu dari mata pelajaran tersebut sangat dibutuhkan dalam bidang kedokteran. Oleh karena itu, jika kamu bercita-cita menjadi seorang dokter, sebaiknya kamu masuk jurusan IPA saat SMA.

BACA JUGA:Cara Mudah Belajar Untuk Persiapan TOEFL Sendiri di Rumah

BACA JUGA:Beberapa Cara Untuk Mendidik Anak yang Tunarungu

2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai

Untuk menjadi mahasiswa kedokteran, tidak hanya harus menguasai semua mata pelajaran IPA, tetapi juga memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat banyak referensi, bahan dan rumus yang menggunakan bahasa Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: