Ingin Jadi Dokter? Persiapkan Diri Sejak di Bangku SMA

Ingin Jadi Dokter? Persiapkan Diri Sejak di Bangku SMA

Cara yang bisa kamu lakukan saat masih SMA agar masuk kuliah jurusan kedokteran.-Fahma Ardiana-

Pengetahuan bahasa Inggris akan membantu kamu dalam memahami materi dengan lebih mudah. Belum terlambat untuk mulai belajar bahasa Inggris saat masih duduk di bangku SMA, jadi sebaiknya kamu mulai belajar bahasa Inggris sekarang juga.

3. Memiliki nilai rapor yang baik

Pastikan kamu mempunyai nilai yang baik pada mata pelajaran IPA dan Bahasa Inggris dari semester 1 sampai semester 5. Cara ini bisa dipersiapkan sejak tahun pertama SMA, sehingga peluangmu untuk lulus lebih tinggi.

BACA JUGA:Bisa Jadi Tempat Curhat Bagi Siswa, Inilah Deretan Peran dan Fungsi Guru BK di Sekolah

BACA JUGA:Manfaat Serta Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

4. Kegiatan Masyarakat

Salah satu motivasi menjadi dokter adalah untuk membantu orang sakit. Hal ini menjadi motivator yang baik, mengingat sebagai seorang dokter tidak hanya harus pintar, namun juga memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik.

Pengalaman di lingkungan sekitar merupakan aset berharga bagi para dokter. Interaksi rutin dengan masyarakat meningkatkan keterampilan komunikasi, kesabaran, dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan.

5. Sering mengikuti proyek penelitian

Saat duduk dibangku SMA, ikutilah berbagai kompetisi penelitian. Berpartisipasi dalam kompetisi penelitian ini dapat menambah nilai penerimaan kamu ke sekolah kedokteran.

Sebagaimana diketahui, penelitian yang dilakukan memerlukan pemikiran yang sistematis. Cara berpikir seperti ini sangat diperlukan ketika mempelajari kedokteran. 

Itulah dia beberapa cara untuk menjadi dokter yang bisa dimulai sejak masih duduk di bangku SMA. Semangat! (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: