Pentingnya Menerapkan Pola Hidup Sehat Terutama Kesahatan Fisik Maupun Mental

Pentingnya Menerapkan Pola Hidup Sehat Terutama Kesahatan Fisik Maupun Mental

Pentingnya Menerapkan Pola Hidup Sehat Terutama Kesahatan Fisik Maupun Mental -@Wawasan Proklamator-

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Kesibukan dan rutinitas yang padat kerap membuat banyak orang melupakan hal terpenting, yaitu menjaga kesehatan baik fisik maupun mental. 

Menjaga pola makan yang sehat contohnya, terkadang sudah dilupakan karena keterbatasan waktu dan kesibukan bekerja. Banyak orang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan siap saji ataupun junk food yang tentu saja kaya akan lemak dan garam serta minim nutrisi. 

Akibatnya, berbagai penyakit tidak menular seperti obesitas, kolesterol tinggi, diabetes, dan lain sebagainya menjadi semakin marak. Demikian pula, kurangnya porsi makan sehat juga berisiko pada munculnya vitamin dan mineral deficiency yang berdampak buruk bagi daya tahan tubuh.

Selain pola makan, aktivitas fisik yang minim juga menjadi masalah besar bagi kesehatan di era modern saat ini. Sebagian besar pekerjaan dilakukan dengan duduk berjam-jam di depan layar komputer ataupun laptop. Belum lagi, kesibukan membuat sebagian besar orang lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor untuk transportasi daripada berjalan kaki atau bersepeda. 

BACA JUGA:Tips Mengatur Pola Hidup Sehat Bersama Keluarga

BACA JUGA:Atasi Stres dengan Meditasi Mindfulness, Menuju Hidup Sehat Tanpa Beban Pikiran!

Minimnya aktivitas fisik ini berisiko pada berbagai macam penyakit, mulai dari kolesterol tinggi, stroke, jantung, hingga kanker. Kurang bergerak juga membuat metabolisme tubuh melambat sehingga berat badan naik dengan cepat.        

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga terganggu di era serba modern dan sibuk ini. Tingkat stres yang dialami sebagian besar orang dewasa di perkotaan cukup tinggi. 

Hal ini dipicu rutinitas padat, macet yang berkepanjangan, kurang waktu bersantai bersama keluarga, hingga kompetisi hidup yang ketat antar individu.

Stres yang berkepanjangan berisiko pada munculnya berbagai gangguan mental seperti depresi dan kecemasan. Belum lagi, penggunaan gawai dan media sosial yang berlebihan juga berdampak pada ketergantungan, gangguan tidur, hingga perasaan terisolasi atau FOMO (fear of missing out).

Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kualitas hidup di era modern seperti sekarang ini mutlak diperlukan. Jangan abaikan pola makan sehat, olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, hingga menjalin relasi personal dengan keluarga dan teman. 

Dengan disiplin menerapkan pola hidup sehat di tengah kesibukan era modern, maka risiko berbagai penyakit bisa dicegah. Pun, kesehatan fisik dan mental dapat terjaga sehingga produktivitas dan kualitas hidup kita semakin meningkat.(fni/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: