Penyudetan Delta Klawing Disebut Bisa Minimalkan Kerusakan Tebing

Penyudetan Delta Klawing Disebut Bisa Minimalkan Kerusakan Tebing

Sudet : Delta di aliran Klawing Purbalingga, sepekan lalu sewajarnya dilakukan penyudetan, karena menjadikan arus sungai itu mengikis tebing di sisi kanan dari hulu.-Amarullah Nurcahyo/RADARMAS -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Kerusakan parah pada tebing di aliran Sungai Klawing Purbalingga sudah membahayakan. Pemkab Purbalingga melalui DPU PR Bidang Sumber Daya Air, sempat urun rembug ke instansi vertikal untuk penyudetan delta Sungai Klawing.

"Kami hanya bisa ikut urun rembuk buat usulan dan telaahan. Terutama terkait penanganan yang darurat, seperti penyudetan delta dan membuat pengarah arus," kata Kabid SDA DPU PR Purbalingga, Buang Sudirman, Rabu 20 Desember 2023.

Namun sampai saat ini belum ada titik terang. Pihaknya memahami, karena kabupaten tidak ada kewenangan untuk penanganan itu.

 "Kalau dalam waktu dekat dapat diperbuat dengan dana darurat kalau ada. Kami siap mengelola dananya. Utamanya untuk penanganan tebing-tebing yang longsor di Kabupaten Purbalingga," tambahnya.

BACA JUGA:Penghujan Desember, Kerusakan Tepian Klawing Makin Parah

BACA JUGA:Hujan Sepekan Terakhir, Bantaran Klawing Kembali Erosi

Seperti diberitakan, penghujan ini kerusakan tepian Sungai Klawing semakin parah. Terjangan aliran sungai sangat besar dan mengikis habis tepian yang dilalui, seperti di wilayah Penaruban (Kaligondang) dan Bancar (Purbalingga), beberapa pekan terakhir.

Hampir dua pekan lalu sudah ada cek lokasi dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Yogyakarta untuk melihat secara langsung kondisi di lapangan. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: