Peringati HDI, Kabupaten Banyumas Bakal Punya SLB Negeri

Peringati HDI, Kabupaten Banyumas Bakal Punya SLB Negeri

Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas Suwondo Geni, memberikan sambutan saat memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2023 di Pendopo Si Panji Purwokerto, Kamis (14/12). -Humas Pemkab Banyumas untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kepala Bagian Kesra Setda Banyumas Suwondo Geni, mencatat setidaknya ada sekitar 150 ribu penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Banyumas. Untuk itu Pemkab Banyumas saat ini berencana menyediakan SLB Negeri untuk mewadahi para penyandangan disabilitas. 

"Jumlah penyandang disabilitas dibandingan dengan tingkat pengenyaman pendidikan di Banyumas masih terbilang kurang," kata dia saat memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2023 di Pendopo Si Panji Purwokerto, Kamis (14/12). 

Soal itu, pihaknya sudah melangkah. Salah satunya bakal berkoordinasi dengan OPD terkait. Juga para camat dan kepala desa, untuk mencari kebijakan yang efektif didukung data yang valid. 

BACA JUGA:Tahun Depan Pembangunan Masjid Agung Seribu Bulan Digelontor Rp 4,3 Mliar

"Setelah proses yang dilalui. Pada tahun 2024 Bapak Gubernur sudah mengalosikan anggaran sebesar 5 milyar untuk pembangunan SLB Negeri di Kabupaten Banyumas," paparnya. 

Pendirian SLB Negeri menurutnya, menjadi salah satu upaya nyata Pemkab Banyumas dalam memberikan hak-hak kepada penyadang disabilitas. 

"Semoga semuanya berjalan dengan lancar," terangnya. 

BACA JUGA:Pj Bupati Cilacap Akan Beri Sanksi Pegawai ASN dan Non ASN yang Tidak Netral dalam Pemilu

Sementara itu, Direktur LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah Titi Ngudiati mengatakan, satu-satunya yang dapat menjadi jembatan dalam memutus kemiskinan yakni pendidikan. Pihaknya berharap penyadang disabilitas di Kabupaten Banyumas bisa mendapatkan layanan pendidikan dengan baik. 

"Dengan pendidikan, anak-anak akan memiliki kemampuan dasar. Oleh karena itu mari kita berkominten bersama dalam memberikan akses yang sama pada para penyandang disabilitas," tuturnya. 

BACA JUGA:Desa di Purbalingga Mulai Kebanjiran Pendaftar KPPS

Dalam peringatan HDI tersebut, Pemkab Banyumas berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa tutur menyalurkan bantuan untuk UMKM, tiga kursi roda, serta tida alat bantu dengar. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: