Tahun Depan Pembangunan Masjid Agung Seribu Bulan Digelontor Rp 4,3 Mliar

Tahun Depan Pembangunan Masjid Agung Seribu Bulan Digelontor Rp 4,3 Mliar

Aktifitas pemasangan rangka atap Masjid Seribu Bulan jalan Bung Karno, Purwokerto, Rabu (13/12/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -  Konstruksi Masjid Agung Seribu Bulan, sudah mulai menunjukkan bentuk berupa lengkungan yang ikonik itu. Tahun depan, DPU Kabupaten Banyumas mengalokasikan Rp 4,3 miliar untuk membangun konstruksi masjid. 

"Tahun ini fokusnya rangka atap saja. Tinggal merangkai saja. Memang biayanya masih terbatas sekali," kata Kabid Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Imam Wibowo. 

Ia menuturkan, dengan pendanaan yang terbatas dimungkinkan di tahun 2025 masjid belum bisa operasional. Sebelumnya, masjid tersebut ditargetkan tahun 2025 paling tidak bisa operasional, meski belum sepenuhnya rampung. 

BACA JUGA:Pj Bupati Cilacap Akan Beri Sanksi Pegawai ASN dan Non ASN yang Tidak Netral dalam Pemilu

"Kita targetnya bisa operasional di tahun 2025. Mungkin agak mundur dari target, karena perlu pembiayaan di area yang lain seperti untuk dana cadangan pemilu," ucapnya. 

Soal pendanaan, beberapa waktu lalu pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan Yayasan Masijd Agung Islamic Center Rahmatan Lil'Alamin. Hasilnya dari pihak yayasan akan mulai bergerak aktif mencari pendanaan untuk pembangunan masjid.

"APBD tahun depan belum bisa optimal. Yayasan  akan membentuk tim pencari dana, artinya mencoba memulai pencarian pendanaan di luar APBD kabupaten," ujarnya. 

BACA JUGA:Desa di Purbalingga Mulai Kebanjiran Pendaftar KPPS

Lanjut, ia sudah berhitung. Untuk bisa operasional paling tidak membutuhkan sekitar Rp 60 miliar lagi. 

"Itu belum ideal. Mungkin bisa dibantu pembiayaaan provinisi, BUMN, atau APBN," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: