DPUPR Purbalingga Perpanjang Waktu Pekerjaan Jembatan Wika Hingga 27 Desember 2023

DPUPR Purbalingga Perpanjang Waktu Pekerjaan Jembatan Wika Hingga 27 Desember 2023

Pemasangan bentang jembatan Wika di sisi Desa Kalikajar.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pembangunan Jembatan Wirasana-Kalikajar (Wika), diperpanjang hingga 27 Desember 2023. Sebab, hingga batas akhir kontrak, rekanan belum bisa menyelesaikan pekerjaan. Karena faktor terlambatnya pembuatan dan pengiriman material besi baja Jembatan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga Istanto Sugondo kepada Radarmas, Kamis, 14 Desember 2023.

"Pembuatan dan pengiriman material besi baja terlambat karena adanya perubahan desain jembatan. Awalnya jembatan pejalan kaki dibuat di dalam jembatan, kemudian diubah di luar jembatan," jelasnya.

Perpanjangan pekerjaan juga diberikan kepada pelaksana proyek karena semua material pekerjaan sudah ada di lokasi. Namun, waktu pekerjaan habis.

BACA JUGA:Sempat Tertunda Karena Cuaca, Besi Baja Bentang Jembatan Wika Mulai Terpasang

BACA JUGA:Terkendala Cuaca, Pembangunan Jembatan Wika Terhenti

Ditambahkan olehnya, diharapkan dengan perpanjangan waktu pekerjaan maka pembangunan jembatan Wika bisa selesai dan tidak putus kontrak.

"Namun, jika masih tetap belum selesai pekerjaannya hingga batas akhir waktu perpanjangan. Maka, rekanan akan dikenakan denda keterlambatan pekerjaan per hari," tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan di lapangan, Kamis siang, baja bentang jembatan sudah terpasang tujuh segmen, dari delapan segmen di sisi Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang.

"Targetnya, besok (Jumat, 15 Desember 2023, red), seluruh besi baja bentang jembatan sisi Kalikajar sepanjang 40 meter terpasang," ujarnya.

BACA JUGA:Baut Belum Terkirim, Besi Baja Bentang Jembatan Wika Belum Bisa Dipasang

Setelah itu, akan langsung dipasang lantai jembatan yang disusul dengan pengecoran. "Lalu akan dipasang besi baja bentang 50 meter di sisi (Kelurahan) Wirasana (Kecamatan Purbalingga, red)," lanjutnya.

Dia optimis dengan perpanjangan waktu pekerjaan, pembangunan Jembatan Wika bisa selesai dan tidak putus kontrak. 

"Apalagi dalam waktu tujuh hari, pemasangan bentang jembatan sudah hampir selesai," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: