Sempat Tertunda Karena Cuaca, Besi Baja Bentang Jembatan Wika Mulai Terpasang

Sempat Tertunda Karena Cuaca, Besi Baja Bentang Jembatan Wika Mulai Terpasang

Bentang jembatan di sisi Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang mulai terpasang.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sempat tertunda, akibat faktor cuaca. Pemasangan besi baja bentang Jembatan Wirasana-Kalikajar (Wika), akhirnya berhasil dilakukan.

Tim pemasang jembatan yang didatangkan akhirnya bisa memasang besi baja di bentang Kalikajar, sejak akhir pekan lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga Istanto Sugondo kepada Radarmas mengatakan, saat ini tim pemasang bentang jembatan sudah bisa bekerja.

Sebelumnya tim tidak berani bekerja, karena Sungai Klawing yang menjadi lokasi pembangunan kondisinya banjir. Akibat curah hujan tinggi, yang turun pada pekan lalu.

BACA JUGA:Terkendala Cuaca, Pembangunan Jembatan Wika Terhenti

BACA JUGA:Baut Belum Terkirim, Besi Baja Bentang Jembatan Wika Belum Bisa Dipasang

Hal itu membuat penyangga kembatan bailey atau sementara, yang digunakan untuk memasang jembatan beberapa kali tersapu banjir.

Padahal besi baja yang dipesan dari PT Waagner Indonesia, sudah tiba di lokasi pembangunan jembatan, sekal awal pekan lalu.

Dia mejelaskan, tim sudah bisa memasang lima segmen besi baja di bentang Kalikajar. "Total ada delapan segmen yang harus dipasang di bentang Kalikajar," jelasnya, Selasa, 12 Desember 2023.

Dia menambahkan, total segmen yang harus dipasang adalah 18 segmen. "Terdiri dari delapan segmen di bentang Kalikajar dan sepuluh segmen di bentang Wirasana," tambahnya.

BACA JUGA:Kurang Sebulan dari Batas Akhir Kontrak, Besi Baja Jembatan Wika Masih Belum Selesai Dibuat

Diberitakan sebelumnya, pembangunan Jembatan Wika  yang membentang di Sungai Klawing Kabupaten Purbalingga, terkendala cuaca.Tim pemasangan baja bentang jembatan menghentikan pekerjaan, karena jembatan bailey atau sementara, diterjang banjir.

Pemasangan dihentikan sementara, karena dikhawatirkan saat pemasangan baja bentang jembatan, lalu terjadi banjir baja bentang jembatan ikut terbawa air banjir. 

Diketahui, semua material pembangunan jembatan sudah tiba di lokasi. Termasuk, peralatan pemasangan besi baja bentang jembatan berupa crane, tim erection, perancah dan kelengkapannya sudah siap di lokasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: