Ini Porsi Asupan Nutrisi Seimbang yang Baik untuk Kesehatan

Ini Porsi Asupan Nutrisi Seimbang yang Baik untuk Kesehatan

Pentingnya Memahami Porsi Asupan Nutrisi Seimbang Dan pengaruhnya Bagi Kesehatan!-Alodokter-

Porsi nutrisi yang seimbang membantu menjaga tingkat energi yang stabil, meningkatkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

BACA JUGA:Fakta Menarik Air Mineral yang Perlu Kamu Ketahui, Banyak Nutrisinya!

BACA JUGA:3 Resep Spaghetti Simple yang Kaya Nutrisi

Cara Mengatur Porsi Asupan Nutrisi Seimbang Sehari-hari

1. Perencanaan Menu Sehat

Pastikan untuk menyertakan berbagai jenis makanan, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein nabati dan hewani, dalam menu sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang beragam.

Perhatikan proporsi yang tepat dari setiap jenis nutrisi dalam setiap hidangan, misalnya, membagi piring menjadi bagian yang proporsional antara karbohidrat, protein, dan sayuran. Dan gunakan teknik memasak yang sehat seperti memanggang, merebus, atau mengukus untuk mempertahankan nutrisi dalam makanan.

2. Memilih Makanan Bergizi

Memilih makanan yang kaya akan nutrisi menjadi kunci dalam mencapai porsi asupan nutrisi seimbang, dengan lebihkan konsumsi bahan makanan segar seperti sayuran dan buah-buahan, karena mengandung vitamin dan mineral penting.

Ketika membeli makanan olahan, perhatikan label gizi untuk memastikan kandungan nutrisinya serta menghindari makanan yang tinggi gula tambahan, sodium, atau lemak trans.

BACA JUGA:6 Daftar Makanan Bergizi Untuk Mencegah Stunting pada Anak

BACA JUGA:8 Rekomendasi Makanan Tinggi Protein Pengganti Daging yang Sehat dan Bergizi

3. Memperhatikan Porsi yang Tepat

Selain memilih makanan yang tepat, memperhatikan porsi yang sesuai juga sangat penting dengan menggunakan piring yang lebih kecil bisa membantu mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi, Dan mendengarkan sinyal tubuh, makanlah secara perlahan, dan berhenti makan ketika sudah merasa kenyang. Ini membantu menghindari makan berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: