Kepastian Batas Cilacap dan Banyumas Fix

Kepastian Batas Cilacap dan Banyumas Fix

Pesepeda motor melintasi batas daerah antara Kabupaten Cilacap dan Banyumas, Senin (11/12/2023). -FIJRI RAHMAWATI RADARMAS---

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -Kesepakatan batas daerah antara Kabupaten Cilacap dan BANYUMAS telah ditandatangani. Usai melalui proses panjang sosialisasi, pengumpulan data dan verifikasi.

Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto mengatakan di Kabupaten Banyumas terdapat beberapa desa di wilayah Kecamatan Sumpiuh yang berbatasan dengan Cilacap.

Ahmad mencontohkan salah satu batas daerah antara Kabupaten Cilacap dan Banyumas di wilayah Sumpiuh di Desa Nusadadi. Perbatasan sungai cukup menyita perhatian.

BACA JUGA:Baru Terealisasi 80 Persen, Target Retribusi Obyek Wisata UPTD Purwomas Terancam Tidak Tercapai

"Sungai yang dulunya berkelok-kelok, untuk mengantisipasi erosi maka diluruskan. Sehingga berdampak pada batas daerah antara Cilacap dan Banyumas," papar Ahmad, Senin (11/12/2023)

Meski selama ini persoalan batas daerah antara Kabupaten Cilacap dan Banyumas cenderung tidak ada polemik. Adanya tanda tangan kesepakatan tersebut sebagai bentuk kepastian batas.

Camat dan kepala desa yang berbatasan turut serta tanda tangan berita acara kesepakatan batas daerah antara Kabupaten Cilacap dan Banyumas.

BACA JUGA:Pendaftaran KPPS Banyumas Dibuka, Ini Persyaratan dan Waktu Pendaftarannya

"Dokumen kesepakatan batas daerah antara Kabupaten Banyumas dan Cilacap lengkap dengan peta," imbuh Ahmad.

Pada peta tampak perbedaan garis pendetailan segmen. Yakni delineasi batas kesepakatan dan garis definitif Permendagri lama.

Desa lainnya di Kabupaten Banyumas di wilayah Kecamatan Sumpiuh yang berbatasan dengan Cilacap antara lain Karanggedang, Kuntili dan Pandak.

BACA JUGA:Bocah 13 Tahun Tenggelam di Saluran Irigasi di Gandrungmangu, Cilacap

Disebut Ahmad dalam kegiatan penandatangan berita acara tersebut. Semua camat dan kepala desa di Kabupaten Banyumas perbatasan Kabupaten Cilacap, hadir. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: