Agar Makeup Tahan Lama, Ini 5 Urutan Skin Preparation yang Harus Dilakukan!

Agar Makeup Tahan Lama, Ini 5 Urutan Skin Preparation yang Harus Dilakukan!

Urutan Skin Preparation-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Urutan skin preparation yang tepat perlu dilakukan sebelum menggunakan makeup. Hal ini bertujuan untuk menghindari agar makeup tidak terlihat tebal atau tidak menyatu dengan baik pada kulit wajah, baik karena kulit terlalu kering, berminyak, atau terkena keringat berlebihan. 

Skin preparation adalah serangkaian langkah untuk mempersiapkan kulit menggunakan produk perawatan kulit sebelum menggunakan makeup. Biasanya, urutan skin preparation ini melibatkan penggunaan produk-produk yang membantu melembapkan kulit. Skin preparation telah diadopsi oleh banyak beauty blogger di platform online. 

Berikut adalah urutan  skin preparation  yang benar sebelum mengaplikasikan makeup, metode ini dapat diterapkan untuk mencapai hasil makeup yang tahan lama, tidak terlihat tebal, dan tidak terjadi patchy.

1. Double Cleansing

Sesuai dengan namanya, metode double cleansing melibatkan langkah pembersihan wajah yang dilakukan dua kali. Seorang dokter spesialis dermatologi yang juga menjadi beauty blogger, Andrea Suarez, MD, FAAD atau dr. Drey, dalam saluran YouTube-nya mengakui bahwa double cleansing merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan kulit. 

BACA JUGA:Awas! Ini 6 Kesalahan Mencuci Muka yang Bisa Merusak Kulit

BACA JUGA:Wajah Breakout? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Urutan skin preparation yang pertama ini dimulai dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih berbasis minyak atau oil-based cleanser, atau alternatifnya menggunakan micellar water yang sesuai dengan jenis kulit. Langkah selanjutnya melibatkan mencuci wajah dengan sabun dan membilasnya dengan air pada tahap kedua.

Umumnya, double cleansing dilakukan sebagai bagian dari rutinitas perawatan malam untuk menghilangkan makeup, debu, dan polusi yang menempel pada wajah. Wajah yang bersih setelah double cleansing akan memudahkan proses skin prep.

2. Eksfoliasi 

Urutan skin preparation yang berikutnya adalah eksfoliasi, yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo dari permukaan wajah. Proses eksfoliasi akan meningkatkan kebersihan wajah, sehingga makeup dapat melekat dengan lebih baik.

Eksfoliasi sebaiknya dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Dr. Drey merekomendasikan penggunaan skincare yang mengandung bahan seperti Salicylic acid, Benzoyl peroxide, Azelaic acid, atau Adapalene sesuai dengan kecocokan kulit masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: