Penanganan Bendungan Pengasinan di Desa Pancasan, Ajibarang Dilanjut Tahun Depan

Penanganan Bendungan Pengasinan di Desa Pancasan, Ajibarang Dilanjut Tahun Depan

Warga melakukan penguatan saluran irigasi sementara dengan bambu usai selesainya penanganan sementara terhadap Bendungan Pengasinan oleh Pemkab Banyumas.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penanganan sementara terhadap Bendungan Pengasinan di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang tahun ini sudah selesai. Untuk penanganan permanen bakal dilanjutkan tahun depan.

Kepala Desa Pancasan, Sukirno mengatakan, dengan selesainya penanganan kerusakan Bendungan Pengasinan oleh Pemkab Banyumas melalui dinas teknis sangat membantu petani. Bendungan sudah kembali dapat mengaliri area pertanian, perkebunan dan perikanan dengan total luas area lebih dari 50 hektare. 

"Alhamdulillah sudah beberapa hari masuk penghujan aman," katanya ditemui Radarmas, Selasa (5/12/2023).

Sukirno menjelaskan, penanganan sementara Bendungan Pengasinan tahun ini dengan anggaran Rp 190 juta. Informasinya bakal dilanjutkan tahun depan dengan penanganan permanen dengan anggaran Rp 1,9 miliar. Untuk pintu air, saat ini untuk sementara masih menggunakan papan.

BACA JUGA:Longsor yang Menutup Jalur Hilir KAI di Cilongok Berhasil Dibersihkan, Sudah Mulai Dilalui Kereta Api

BACA JUGA:Wow, Tak Sampai 24 Jam Tanggul Jebol Tertangani Permanen

"Dari desa menerima manfaat hasil pekerjaan. Penanganan semua dilakukan oleh tim dari kabupaten," terang dia.

Dia berterimakasih kepada Pemkab Banyumas, atas cepatnya dilakukan penanganan terhadap kerusakan Bendungan Pengasinan pada tahun ini.

Komunikasi terakhir dengan dinas teknis, tahun depan jika penanganan permanen Bendungan Pengasinan belum dapat direalisasikan karena keterbatasan anggaran maka akan tetap dilakukan perkuatan terhadap saluran irigasi.

"Sekarang perkuatan dilakukan swadaya oleh warga dengan menggunakan bambu dengan panjang saluran irigasi yang butuh diperkuat sepanjang 30 meter," pungkas Sukirno. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: