Rumah Rata Dengan Tanah, Korban Longsor di Klinting Somagede Diungsikan

Rumah Rata Dengan Tanah, Korban Longsor di Klinting Somagede Diungsikan

Tim gabungan saat melaksanakan pembersihan material longsor yang meratakan rumah warga dan menutup badan jalan Kabupaten, Senin (4/12/2023). -AHMAD ERWIN/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hujan dengan intensitas tinggi, mengakibatkan sebuah rumah di Rt 5 Rw 1 Desa Klinting Kecamatan Somagede Kabupaten BANYUMAS rata dengan tanah, Senin (4/12/2023). 

Peristiwa tersebut juga menyebabkan 1 penghuni rumah meninggal dunia, jaringan listrik terputus, dan akses jalan Kabupaten Klinting - Somagede putus tidak dapat dilalui karena tertutup longsor. 

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan, tanah longsor terjadi sekira pukul 03.30 WIB karena intensitas hujan yang cukup tinggi. 

BACA JUGA:Warga Gerumbul Karet Banyumas Tagih Janji, Geruduk Proyek Parapet Sungai Angin

"Karena eskalasi hujan cukup deras dan lama, kemudian terjadilah longsor. Longsor ini menimpa rumah dan mengakibatkan 1 orang meninggal dunia," katanya. 

Penghuni rumah dan berhasil selamat yaitu Natam (53) Turah (56). Korbann luka Mukmin Prihatin (29), Darul Hikmah (27), Han (balita 17 bulan). Serta korban meninggal dunia yaitu Komaruddin (21). 

"Sejumlah 6 jiwa itu, satu meninggal. Ada yang kita ungsikan diatas (di rumah saudaranya,red) 2 orang, kemudian 3 orang di rumah sakit siaga medika," jelasnya. 

BACA JUGA:Punya Potensi Tembakau, Petani Cilacap Terkendala Pemasaran

Disebutkan, cakupan longsor sepanjang 200 meter, lebar 100 meter dan tinggi 10 meter. Sementara material tanah longsor yang menutup jalan kabupaten sepanjang 80 meter lebar 6 meter, dan ketebalan 2 sampai 3 meter. 

"Untuk penanganan tentunya tadi pagi, kita sudah luncurkan tim bersama dengan TNI Polri dan relawan serta pemdes dan kecamatan. Untuk Korban sudah dievakuasi dan kemudian ini pembersihan material longsor," ujarnya. 

Menurutnya, ada dua alat berat yang akan dikerahkan. 

BACA JUGA:Saluran Transmisi di Karanggandu-Karangsari Terancam Roboh, PLN Cek Kondisi Lapangan

"Dari BPBD sudah luncurkan 1 alat berat, kemungkinan akan di back up alat berat lagi dari TNI, kita sudah koordinasikan dengan pak Dandim. Selain itu kita juga edukasi ke beberapa warga yang diatas sana (tidak jauh dari lokasi kejadian, red), karena tim mitigasi kami melihat ada beberapa potensi yang mengancam," tutupnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: