Musim Hujan, Bawaslu Ingatkan Potensi Logistik Pemilu 2024 Mudah Rusak

Musim Hujan, Bawaslu Ingatkan Potensi Logistik Pemilu 2024 Mudah Rusak

Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga tengah mengawasi proses distribusi logistik.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga ingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, untuk mengantisipasi musim hujan, dalam tahapan distribusi logistik Pemilu 2024.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga Misrad kepada Radarmas, Jumat, 1 Desember 2023. "Saat ini, logistik Pemilu 2024 sudah mulai berdatangan ke gudang KPU di kompleks Perumda Puspahastama. Diharapkan gudang tidak terkena dampak dari perubahan cuaca ke musim penghujan," ungkapnya.

Sebab, menurutnya jika tak diantisipasi dapat menyebabkan terganggunya pelaksanaan tahapan distribusi logistik. "Kita tahu, sebagian besar logistik Pemilu, terbuat dari kertas. Jadi, sangat rentan rusak jika terkena air hujan. Sehingga, potensi masalah ini harus diantisipasi," jelasnya.

Terutama menurutnya, saat logistik dipindah dari armada pengangkut ke dalam gudang. Termasuk, saat distribusi ke TPS menjelang pemungutan suara.

BACA JUGA:Logistik Pemilu Tinggal Surat Suara

BACA JUGA:Rawan Bencana di Musim Penghujan, Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Purbalingga Jadi Perhatian Khusus

Dia menegaskan, jajaran Bawaslu kabupaten Purbalingga akan melalukan pengawasan ketat dan melekat, dalam tahap distribusi logistik Pemilu 2024. Dia juga kembali mengingatkan agar keamanan gudang logistik Pemilu 2024, benar-benar diperhatikan.

Sementara itu, berdasarkan data dari KPU Kabupaten Purbalingga logistik Pemilu 2024, yang sudah diterima di gudang penyimpanan.

Terdiri tinta sebanyak, 5.928 botol, bilik Suara sebanyak 11.836 unit, ATK sebanyak 2.964 set, segel sebanyak  284.986 unit, alat coblos sebanyak 11.856 unit, tanda pengenal sebanyak 2.964 set, segel plastik atau kabel ties sebanyak 77.064 unit, plastik pembungkus sebanyak 2.964 set, serta kotak suara sebanyak 4.900 unit.

Khusus kotak suat masih akan dikirimkan lagi, karena total kebutuhannya adalah 14.856 unit. Informasinya kekurangan sebanyak 9.956 unit, akan dicukupi kemudian pengiriman, yang akan diinfokan kemudian. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: