Antisipasi Banjir, Sungai Ijo Cilacap Dinormalisasi

Antisipasi Banjir, Sungai Ijo Cilacap Dinormalisasi

Alat berat untuk kegiatan normalisasi Sungai Ijo, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.-Muharno untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sungai Ijo di Kecamatan Nusawungu, Kabupaten CILACAP mengalami pendangkalan. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab banjir di sekitar wilayah tersebut, ketika curah hujan tinggi. 

Kepala Desa Jetis, Muharno mengatakan, saat ini normalisasi sungai sedang dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak.

"Saat ini masih dalam pekerjaan untuk normalisasi sungainya," kata Muharno.

Muharno mengatakan, normalisasi sungai tersebut diharapkan bisa selesai. Hal ini dikarenakan persoalan setiap musim hujan, sungai tersebut akan meluap.

BACA JUGA:Lapas Cilacap Alami Over Kapasitas, 20 Warga Binaan Permasyarakatan Dipindahkan ke Lapas Purwokerto

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Gagas Raperbup Tentang Usaha Gula Coklat Sukrosa

"Dipastikan dampak terjadinya abrasi termasuk jebolnya tanggul ke petani sekitar 50 haktare, dua tahun tidak bisa panen. Tahun pertama gagal panen, tanggul tidak dibetulkan jadi gagal panen lagi," kata dia.

Dikatakan Muharno, untuk antisipasi banjir di wilayahnya pihaknya mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Antisipasi bencana di musim hujan ditingkatkan untuk bersih-bersih drainase yang mampet, agar bisa diantisipasi sejak dini. Banjir sebenarnya sudah biasa di wilayah kita, sehingga masyarakat diharapkan siap menghadapi bencana," kata dia. 

Pihaknya juga berharap pemerintah bisa memberikan solusi agar permasalahan banjir di wilayahnya bisa segera diatasi. Terlebih saat ini wilayah Desa Jetis memiliki potensi desa wisata yang menjadi unggulan di Kabupaten Cilacap.

"Untuk mendongkrak ekonomi masyarakat sarana prasarana dan infrastruktur harus memadahi juga agar dapat menunjang kegiatan masyarakat," ujar Muharno. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: