Diusulkan Bus Trans Jateng Trayek Ajibarang-Cilacap Via Wangon

Diusulkan Bus Trans Jateng Trayek Ajibarang-Cilacap Via Wangon

Bus Trans Jateng trayek Ajibarang Cilacap via Wangon menjadi salah satu alternatif yang didorong oleh Dinas Perhubungan Banyumas untuk direalisasikan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Perhubungan Kabupaten BANYUMAS dalam acara Focus Grup Discusion (FGD) terkait konektivitas wilayah pekan lalu di Cilacap mendorong kehadiran Bus Trans Jateng trayek Ajibarang Cilacap via Wangon.

Pertimbangannya, selain dapat tersambung Bus Trans Banyumas dimana trayek Terminal Ajibarang Purwokerto yang saat ini sudah berjalan, kehadiran Bus Trans Banyumas trayek Ajibarang Cilacap via Wangon dan Jeruklegi juga mendukung integrasi moda transportasi darat antara bus dan kereta api di Stasiun Jeruklegi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Banyumas, Arif Akhmadi mengatakan, terkait kehadiran Bus Trans Jateng untuk trayek Purwokerto Cilacap, selain mendorong rute via Sokaraja dan Kroya alternatif rute kedua yang juga didorong via Wangon dan Jeruklegi.

Untuk trayek dari Terminal Ajibarang ke Cilacap via Wangon dan Jeruklegi, pandangannya Bus Trans Jateng tidak perlu sampai ke Purwokerto karena dari Terminal Ajibarang ke Purwokerto sudah beroperasi Bus Trans Banyumas. "Banyumas perlu menangkap potensi Cilacap dari sisi jaringan," katanya.

BACA JUGA:Pengosongan 10 Kios B Pasar Ajibarang Ditarget Selesai Pekan Ini

BACA JUGA:Hujan Hambat Penanganan Jalan Berlubang di Banyumas

Arif menjelaskan, dari Wangon jarak tempuh menuju ke Stasiun Kereta Api Purwokerto cukup jauh sekitar 30 kilometer. Hal ini menyebabkan sangat jarang warga Wangon yang hendak bepergian ke Bandung atau Jakarta memilih moda transportasi kereta api. Informasinya Stasiun Jeruklegi akan ditingkatkan dengan menambahkan beberapa Kereta Api yang berhenti di Jeruklegi.

"Sementara jarak dari Wangon ke Stasiun Jeruklegi hanya 15 kilometer. Peluangnya disitu. Banyumas juga harus menangkap potensi itu," ingat dia.

Adapun jika Bus Trans Jateng trayek Ajibarang dari Cilacap via Wangon dan Jeruk legi dapat direalialisasikan oleh provinsi, hal tersebut akan menguntungkan semua baik untuk warga Banyumas dan Cilacap. Warga Ajibarang yang akan ke Bandung dengan kereta api juga tidak perlu ke Stasiun Purwokerto dan cukup ke Stasiun Jeruklegi.

"Meski jarak dari Ajibarang ke Purwokerto dengan jarak dari Ajibarang ke Jeruklegi hampir sama, bagi warga Ajibarang tetap lebih menguntungkan naik kereta api dari Jeruklegi jika akan ke Bandung," pungkas Arif. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: