Cara Mengolah Makanan yang Benar Biar Badan Sehat

Cara Mengolah Makanan yang Benar Biar Badan Sehat

Cara Mengolah Makanan yang benar, Biar Badan Sehat-suara.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengolah makanan yang sehat itu sebenernya tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Yang penting, kamu punya niat buat makan lebih sehat.

Selan itu tentunya punya sedikit kreativitas untuk embuat masakan jadi enak. Nah, berikut ini beberapa tips simpel yang bisa kamu coba.

Cara Mengolah Makanan Untuk Badan Sehat 

Kamu bisa ikuti cara mengolah makanan yang benar untuk membuat badan sehat:

BACA JUGA:Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan yang Perlu Kalian Tahu

 

BACA JUGA:4 Dampak Bahaya Dari Tidur Sore! Tips Untuk Kesehatan Anda.

Sayur dan Buah adalah Kunci Utama

Gak bisa dipungkiri, sayur dan buah itu bener-bener jadi bintangnya hidup sehat. Cobain deh tambahin berbagai jenis warna sayuran ke dalam menu makananmu.

Semakin berwarna, semakin banyak nutrisi yang kamu dapat. Sayuran kaya serat dan vitamin, yang bisa bikin tubuh jadi lebih bertenaga.

Variasi Sumber Protein

Meskipun kita tau protein itu penting buat otot, tapi jangan cuma fokus sama daging aja. Cobain variasi sumber protein, kayak ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan tahu tempe. Jadi, tubuh kamu dapet berbagai nutrisi yang dibutuhin.

BACA JUGA:Dentistryperforation11 Sukses Digelar, Hadirkan Fiersa Besari, Mawar de Jongh, Hingga Tiara Andini

 

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Lakukan Upaya Tekan Inflansi

Cukup Air Putih

Minum air itu penting banget, dan yang terbaik adalah air putih. Air bisa membantu pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kalo bosan sama air putih, kamu bisa tambahin potongan buah atau sejumput mint untuk variasi rasanya.

Pilih Karbohidrat yang Baik

Karbohidrat bukan musuh. Cuma kita perlu pintar-pintar pilih jenis karbohidrat yang baik. Pilih nasi merah, roti gandum, atau pasta gandum utuh. Karbohidrat kompleks ini punya serat yang lebih banyak dan bikin perut kenyang lebih lama. karena gimanapun juga karbohidrat adalah sumber utama energi kita.

BACA JUGA:Intip 5 Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh, Enak dan Sehat!

BACA JUGA:Inilah Makanan untuk Menghilangkan JerawatBACA JUGA:Inilah Makanan untuk Menghilangkan Jerawat

Olah Makanan dengan Cara yang Sehat

Gak harus selalu goreng-gorengan, loh. Cobain deh metode masak yang lebih sehat, kayak merebus, mengukus, atau memanggang. Jadi, lebih sedikit minyak yang masuk ke dalam makanan, tapi tetap enak

Kurangi Gula dan Garam

Gula dan garam itu kayak bumbu rahasia yang sering masuk tanpa kita sadari. Kurangi deh asupan gula dan garam dalam makananmu. Gula bisa diganti dengan pemanis alami, kayak madu atau buah, dan garam bisa dikurangi pelan-pelan biar lidah kamu bisa beradaptasi. kurangi makan makanan cepat saji yang mengandung gula dan garam yang sangat tinggi.

BACA JUGA:Legendarisnya Makanan Khas Semarang Tahu Gimbal

BACA JUGA:Resep Sayur Nangka Kapau Makanan Khas Daerah Sumatera Barat

Porsi yang Seimbang

Ukuran porsi itu penting. Gak harus makan banyak setiap kali makan. Cobain deh makan dalam porsi kecil tapi sering. Ini bisa bantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan metabolisme tetap aktif. atur porsi yang sesuai pokoknya.

Aktivitas Fisik yang Teratur

Makan sehat aja gak cukup, kamu juga butuh gerak. Olahraga bukan cuma buat yang pengen kurus, tapi buat semua orang. Gak perlu yang berat-berat, cukup dengan jalan kaki atau olahraga ringan aja. Biar badan selalu bugar!

Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Terakhir, yang paling penting adalah jangan terlalu keras pada diri sendiri. Makan sehat itu perjalanan panjang, jadi nggak usah buru-buru. Sesekali boleh lah nikmatin makanan yang kurang sehat, yang penting tetap seimbang.

Intinya, makan sehat itu gak perlu ribet. Cukup dengan langkah-langkah kecil, kita bisa jaga kesehatan tubuh. Gunakan bahan makanan yang seimbang, 4 sehat 5 sempurna, maka badan kamu bakal selalu sehat dan bugar, tidak gampang kena penyakit. Jadi mulai sekarang terapkan mengolah makan makanan yang sehat biar tubuh kamu selalu sehat. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: