DPRD Banyumas : Pemasangan Alat Deteksi Bencana Dini Harus Mulai Disiapkan

DPRD Banyumas : Pemasangan Alat Deteksi Bencana Dini Harus Mulai Disiapkan

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Ahmad Darisun-AAM/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Ahmad Darisun meminta penggunaan alat deteksi bencana dini mulai dipasang di daerah rawan bencana di tahun depan. Hal itu, sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegahnya jatuhnya korban ketika bencana

"Harus mulai dipikirkan pemasangan alat deteksi bencana dini di daerah rawan bencana. Kita juga mesti menganggarkan," kata dia. 

Ahmad Darisun menuturkan, perkembangan teknologi yang semakin maju telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia. Salah satunya adalah alat pendeteksi bencana dini. 

BACA JUGA:Progres Pembangunan Eks Pasar Kroya, Cilacap Masuki Tahap Pengumuman Amdal

"Kita berharap dengan semakin canggihnya teknologi ada alat deteksi bencana dini yang bisa diakses oleh seluruh OPD teknis, dan juga masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana," ucapnya. 

Dengan demikian, evakuasi bencana lebih mudah dilakukan. Terlebih memasuki musim penghujan seperti saat ini dimana potensi terjadinya longsor dan banjir lebih besar. 

"Daerah rawan bencana harus mulai waspada, dan juga ditata. Artinya, kita mendorong upaya preventif," terangnya. 

BACA JUGA:Bawaslu dan Satpol PP Tertibkan Ratusan APK Caleg di Banyumas.

Selain itu, hal tersebut juga selaras dengan mewujudkan Banyumas smart city. Pihaknya akan mendorong paling tidak di tahun depan sudah ada percontohan alat deteksi bencana dini, yang dipasang di daerah rawan bencana. 

"Tahun depan harus sudah kita mulai," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: