Progres Pembangunan Eks Pasar Kroya, Cilacap Masuki Tahap Pengumuman Amdal

Progres Pembangunan Eks Pasar Kroya, Cilacap Masuki Tahap Pengumuman Amdal

Kepala Bidang Sarana Distribusi dan Legalitas Usaha Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Muhajir. -JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pedagang Eks Pasar Kroya, CILACAP saat ini sudah dapat bernafas lega. Pasalnya, kejelasan mengenai pembangunan eks Pasar Kroya yang terbakar pada akhir 2021 lalu saat ini sudah memasuki tahapan pengumuman Amdal.

Kepala Bidang Sarana Distribusi dan Legalitas Usaha Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Muhajir kepada Radarmas mengatakan, tahapan pengumuman Amdal merupakan salah satu langkah pemenuhan persyaratan dari Kementerian PUPR.

"Saat ini kita masih dalam tahapan pemenuhan persyaratan atau Readines Criteria (RC) untuk anggaran dari Kementerian PUPR," katanya, Kamis (16/11/2023).

Menurutnya, ada 18 langkah yang harus dipenuhi. Namun, saat ini pihak DPKUKM sudah 80 persen dalam pemenuhannya. Sehingga menurut rencana, pada bulan Desember mendatang sudah masuk tahapan lelang.

BACA JUGA:Pasar Kroya, Cilacap Akan Dibangun Ulang

BACA JUGA:Anggaran Pembangunan Pasar Kroya, Cilacap Berasal dari Kementerian PUPR

"Jika sesuai rencana, bulan Desember sudah mulai lelang awal. Bulan Januari SPK turun lalu proses pengerjaan dimulai selama 6 bulan kedepan. Bulan Juni atau Juli bangunan selesai," lanjutnya.

Selain itu, anggaran yang diajukan sebesar Rp 82 miliar dengan skema bangunan 3 lantai yang mengacu standar bangunan pasar sesuai dengan SNI. Saat ini pihak DPKUKM sudah melakukan sosialisasi meski belum menyeluruh kepada para pedagang.

"Kalau sosialisasi kita sudah bicarakan dengan Kepala Pasar serta perwakilan paguyuban pedagang. Namun, nanti akan kita sosialisasikan terhadap para pedagang secara menyeluruh," tegasnya.

Harapannya, jika sesuai rancana awal bangunan Eks Pasar Kroya akan selesai pada bulan Juli 2024. Hal itu melebihi ekspektasi dari para pedagang, dimana mereka berpendapat bangunan selesai pada tahun 2025 mendatang.

"Semoga tidak ada kendala. Jika anggaran dari Kementerian PUPR benar-benar turun, tentunya pada tahun 2024 Pasar Kroya sudah benar-benar dapat beroperasional," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: