Awal Tahun 2024, Bakal Ada Pabrik Rokok di Majenang, Cilacap

Awal Tahun 2024, Bakal Ada Pabrik Rokok di Majenang, Cilacap

Ilustrasi gerbang masuk Kabupaten Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - PT Sampoerna Agro Tbk akan membangun pabrik rokok di Kabupaten CILACAP, tepatnya di Jalan Raya Cilopadang, Kecamatan Majenang.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilacap, Nana Fitriawan.

"Terkait informasi pabrik rokok di Cilopang, saat ini PT Mekar Jaya Sentosa Sampurna mitra produksi sigaret mengajukan pendirian izin pabrik rokok SKT (Sigaret Kretek Tangan)," katanya.

Dikatakan Nana, pabrik rokok tersebut akan dibangun pada luas lahan 1,6 hektare. Rencananya, operasional pabrik tersebut akan dimulai pada awal tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:Akhir Tahun Belum Usai, Realisasi Fisik di Kabupaten Cilacap Capai Target

BACA JUGA:Permudah Peluang Investasi, Pemkab Cilacap Lakukan Inovasi

"Info dari pihak manajemen pada 2 November kemarin kita bertemu, akan diopersionalkan awal tahun depan. Saat ini proses pengajuan PPG masih berjalan juga proses izin lain, seperti Amdal, SIINas, dan izin usaha industri serta beberapa izin operasional pabrik seperti Andalalin masih dalam proses," kata Nana.

Nana mengatakan, dari informasi yang diterima oleh DPMPTSP Cilacap, Kabupaten Cilacap mendapatkan alokasi tenaga kerja sebanyak 3 ribu orang pekerja dimana semuanya adalah wanita.

"Tiga ribu ini semua wanita, karena memang pabrik ini tidak menggunakan mesin, karena Sigaret Kretek Tangan. Dengan adanya serapan tenaga kerja ini, tentunya kami mendukung. Sangat berharap kegiatan investasi di industri padat karya akan mendorong pita cukai yang akan diterbitkan olah kantor Bea Cukai Cilacap," jelas Nana.

Selain itu, lanjut Nana, dengan berdirinya pabrik tersebut menjadi salah satu momentum untuk menambah pendapatan asli daerah dan menambah alokasi dana bagi hasil tembakau di Kabupaten Cilacap. 

"Semoga bisa menjadi harapan bagi tenaga kerja di lingkungan sekitar nanti, setelah beroperasi bisa memajukan perekoniman di Kabupaten Cilacap," imbuhnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: