Pabrik Jamu Herbal di Cilacap Serap Tenaga Kerja Lokal Hingga Ribuan

Pabrik Jamu Herbal di Cilacap Serap Tenaga Kerja Lokal Hingga Ribuan

Peresmian pabrik jamu herbal di Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Sabtu (11/11/2023). -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Potensi jamu herbal secara nasional belum tergarap maksimal. Hal itu menjadikan peluang bagi PT. Tresno Jamu Indonesia dengan mendirikan pabrik jamu di Kabupaten CILACAP

Berlokasi di Desa Mujur Lor, Kecamatan Kroya, pabrik jamu kedua PT. Tresno Jamu Indonesian diresmikan oleh jajaran komisaris, pejabat dan sejumlah tokoh, Sabtu (11/11/2023). 

Komisaris PT Tresno Jamu Indonesia, Mukit Hendrayatno mengatakan, jamu merupakan aset kreatif budaya bangsa. Sehingga perlu dijaga dan dibangun agar menjadi aset yang dapat membangun perekonomian bangsa.

"Jika kita tidak mau olah jadi aset bernilai ekonomi itu hal kurang tepat. Sumber bahan baku jamu itu dari dalam negeri, warisan lelulur, mendorong gaya hidup go green, alami. Jadi akan kita kawal sebagai aktivitas kreatif yang dapat mendorong perekonomian," katanya.

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Hibahkan Dana untuk Pilkada ke KPU dan Bawaslu Cilacap

BACA JUGA:Segara Anakan Cilacap Punya Potensi Capai Rp 1,296 Triliun

Dikatakan, serapan tenaga kerja dari hulu ke hilir pabrik jamu tersebut capai ribuan orang. Sehingga dengan beroperasinya pabrik jamu, dapat membantu mengurangi angka pengangguran khususnya di Kabupaten Cilacap. 

Adapun produk jamu yang sudah diproduksi dan dikemas secara modern yakni susu kambing Etawalin untuk kesehatan sendi. Freshmag untuk atasi maag akut dan kronis, serta Zymuno untuk kanker dan tumor.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Cilacap M Wijaya mengapresiasi adanya perusahaan jamu tersebut karena dapat membuka lapangan pekerjaan pada masyarakat Cilacap.

"Saat ini jumlah pengangguran di Cilacap mencapai 6 ribu orang. Dengan kehadiran parbik jamu ini kami harap dapat membantu mereka. Selain itu, dengan berkembang industri jamu di Cilacap dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Cilacap," katanya. (ray/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: