Mengenal Gultik Blok M, Kuliner Kaki Lima Favorit Warga Jakarta

Mengenal Gultik Blok M, Kuliner Kaki Lima Favorit Warga Jakarta

Kuliner Gultik Blok M Favorit Masyarakat-Instagram @gultik88malang-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gultik atau gulai tikungan merupakan salah satu kuliner kaki lima favorit warga Jakarta yang juga mendapat popularitas di berbagai wilayah di Indonesia. Makanan khas Indonesia ini terdiri dari daging yang dimasak dalam kuah kental bumbu rempah-rempah.

Setelah dimasak, gulai ini disajikan dengan tambahan ketupat atau nasi, serta disiram bawang goreng dan daun bawang sebagai hiasan. Rasanya yang gurih dan kaya rempah membuat Gultik menjadi primadona di antara banyak makanan.

Salah satu pusat kuliner di Jakarta yaitu Blok M, tempat ini dikenal sebagai tempat yang terkenal dalam penyajian Gultik, baik melalui gerobak atau kedai-kedai kecil. Dikarenakan popularitasnya di Jakarta, beberapa penjual di Blok M bahkan mengkhususkan diri pada Gultik, sehingga ada beberapa yang dikenal sebagai "Gultik Blok M".

Mengenal Kuliner Gultik atau Gulai Tikungan

Gulai tikungan yang dikenal dengan sebutan gultik, adalah salah satu kuliner tertua di Jakarta.

BACA JUGA:Cara Membuat Gulai Gultik Blok M yang Lezat di Rumah

BACA JUGA:Berburu Makanan Di Food Street PIK, Kawasan Kuliner PIK Terlengkap

Kawasan kuliner ini berlokasi di tikungan Jalan Mahakam di Blok M, Jakarta Selatan (Jaksel). Dinamai gulai tikungan karena banyak pedagang gulai yang berjualan di area tikungan tersebut. Di area Blok M ini, sejumlah pedagang kaki lima menawarkan hidangan mereka di sepanjang jalan.

Meski termasuk dalam kategori kuliner kaki lima, Gultik Blok M selalu dipadati pengunjung, baik yang datang dengan mobil maupun yang berjalan kaki. Sejak tahun 1980-an, masyarakat telah menjadikan gulai tikungan ini sebagai tujuan kuliner favorit mereka.

Daya tarik utama Gultik Blok M adalah cita rasa gulainya. Gulai yang dijual di wilayah ini menggunakan daging sapi. Pedagang memanfaatkan berbagai bagian sapi seperti urat, tetelan, lemak, dan jeroan.

Gulai tersebut disajikan dengan kuah santan yang tak terlalu kental, dengan cita rasa gurih, di atas piring nasi, dilengkapi dengan taburan bawang goreng, kecap, dan kerupuk. Untuk penyuka makanan pedas, bisa meminta sambal kepada pedagang.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Kuliner Cirebon, Dijamin Ketagihan!

BACA JUGA:Nikmati Kuliner Khas Cirebon, Berikut Catat Resep Selengkapnya

Meskipun sederhana, cita rasa gulai tersebut tetap memikat. Kombinasi gurihnya gulai, manisnya kecap, dan rasa pedas dari sambal cukup untuk membuat ketagihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: