Inilah 3 Fakta Unik Goa Lawa Purbalingga yang Jarang Diketahui!

Inilah 3 Fakta Unik Goa Lawa Purbalingga yang Jarang Diketahui!

Goa Lawa Memiliki Banyak Ruangan di Dalamnya-Instagram @caver.ngapak-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Purbalingga termasuk salah satu daerah di Jawa Tengah yang dikenal karena industri produksi bahan baku rambut manusia yang digunakan untuk bulu mata palsu (eye-lash) dan pembuatan wig, sanggul, atau hair piece untuk kebutuhan penambahan rambut atau high-light. Selain itu, Purbalingga juga memiliki keahlian dalam pembuatan knalpot kendaraan yang distribusinya merata di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Namun di samping industri-industri tersebut, Purbalingga memiliki keunggulan dalam sektor pariwisata. Salah satu destinasi yang paling terkenal adalah Goa Lawa Purbalingga.

Tentang Wisata Goa Lawa Purbalingga

Tempat wisata ini terletak di Desa Siwarak RT. 01/07, Karangreja, Dusun IV, Siwarak, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Goa ini menyimpan banyak kisah dan legenda yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam masyarakat.

Secara harfiah, Goa Lawa berarti goa yang dihuni oleh kelelawar. Goa Lawa merupakan tujuan wisata yang sangat populer di Kabupaten Purbalingga. Panjangnya mencapai 1,5 kilometer dengan luas mencapai lima kilometer. Struktur Goa Lawa terbentuk dari endapan batuan gamping dan aliran lava yang telah mengeras.

BACA JUGA:Sejarah Goa Lawa Purbalingga, Wisata Unik di Kaki Gunung Slamet!

BACA JUGA:5 Wisata di Dataran Tinggi Purbalingga, Sejuk dan Seru!

Dalam cerita yang beredar di kalangan penduduk Purbalingga, pada masa berkembangnya agama Islam di zaman kerajaan Majapahit, terdapat dua pendakwah Islam bernama Ahmad dan Mohammad yang dikejar oleh Ki Sutaraga, seorang Senopati Majapahit. 

Konon, keduanya bersembunyi di Goa Lawa Purbalingga. Setelah berhari-hari berlindung di sana, keduanya keluar dan bertemu dengan Ki Sutaraga. Sang senopati, yang belum pernah bertemu dengan Ahmad dan Mohammad sebelumnya, tertipu oleh keduanya karena tidak mengenali wajah asli dari buronan yang dicarinya. 

Dengan mudahnya, Ki Sutarga tertipu dan dipercayai cerita palsu bahwa Ahmad dan Mohammad telah dimakan oleh harimau.

Berikut adalah fakta menarik terkait Wisata Goa Lawa Purbalingga yang mungkin jarang diketahui.

BACA JUGA:Sanggaluri Park Purbalingga, Wisata Edukasi yang Menarik!

BACA JUGA:Wisata Cottage D’Las Pesona Wisata Desa Serang Purbalingga

1. Terdapat 14 Ruangan di Dalam Goa Lawa Purbalingga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: