Fakta Menarik yang Perlu Kalian Ketahui dari Air Terjun Sendang Gile

Fakta Menarik yang Perlu Kalian Ketahui dari Air Terjun Sendang Gile

Detail mengenai AIr Terjun Sendang Gile yang terletak di Lombok.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Air Terjun Sendang Gile merupakan Air Terjun yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tepatnya terletak di kawasan kota Senaru, 2 kilometer dari kota Bayan. Tempat wisata ini masih berada di kawasan taman gunung Rinjani dan merupakan pintu gerbang menuju Gunung Rinjani. 

Untuk sampai ke sini, pengunjung harus melewati dua ratus anak tangga yang tingginya mencapai 40 meter dan jembatan yang melewati lembah yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menjelajah. Perjalanan lainnya dapat dilakukan dengan menyusuri tepian lembah, menyusuri saluran air dan melintasi jembatan rotan.

Penduduk setempat sering menyebut air terjun ini Batu Ko atau Batu Kerbau. Menurut cerita rakyat setempat, Sendang Gile dulunya adalah tempat mandinya para bidadari saat turun ke bumi.

Masyarakat setempat menyebut singa gila itu sengang gile, namun lambat laun sentang gile diumumkan. Penduduk setempat percaya bahwa mandi atau mencuci muka di Air Terjun Sendang Gile akan membuat seseorang terlihat seratus tahun lebih tua dari usia sebenarnya. 

BACA JUGA:Harga Tiket Masuk Wahana Cimory Semarang Terbaru 2023

BACA JUGA:Wisata Pulau Komodo, Salah Satu Tempat Terindah di Indonesia

Air terjun yang berada di ketinggian 600 meter dari permukaan tanah dan memiliki ketinggian sekitar 31 meter dari dasar sungai ini, memiliki dua tingkat, tingkat pertama muncul dari puncak gunung dan jatuh ke dasar danau yang ada di bawahnya, dimana air mengalir ke danau dan membuat sungai di bawahnya. 

Keunggulan lain dari destinasi wisata ini adalah memiliki suasana yang segar dan sejuk. Bahkan, selain airnya yang deras dan air terjunnya, tempat ini juga sepi karena dikelilingi banyak pepohonan. 

Dengan banyaknya pepohonan indah yang tumbuh, tempat ini memiliki udara yang segar. Tentu saja, saat Anda mendaki, penting untuk menikmati alam. 

Tak hanya udaranya yang segar, Air Terjun Sendang Gile juga memiliki alam yang asri. Bagi pecinta fotografi, tersedia berbagai spot foto menarik yang bisa dijadikan tempat berfoto. 

Dengan mengunjungi tempat ini, pengunjung juga dapat mengurangi stres setelah menyelesaikan aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Taman Kelinci Semarang, Wisata Edukasi yang Menyenangkan

BACA JUGA:Kebun Teh Kemuning, Wisata Asri yang Terletak di Karanganyar

Karena tempat ini masih terjaga keindahannya, maka berbagai perusahaan yang ada di tempat ini masih terbatas. Jika ingin mencari tempat makan dan minum terdekat akan sulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: