Berikut Tips Agar Pola Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Berikut Tips Agar Pola Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Berikut Tips Agar Pola Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas -@fimela-

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam hidup. Karena dengan tidur, kita sudah membantu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Banyak orang yang mungkin mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur lebih nyenyak dan berkualitas di malam hari. Saat tidur menjadi tidak berkualitas, maka ini akan sangat memengaruhi energi untuk beraktivitas di siang hari dan keseimbangan emosional.

Menjaga kualitas tidur dapat dilakukan dengan beberapa tips dan langkah berikut ini.

1. Hindari makan berat menjelang waktu tidur

Batasi waktu makan, paling lambat satu jam sebelum tidur. Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga bisa mengganggu waktu tidur.

BACA JUGA:Purbalingga Terima Kirab Pemilu 2024, Tolak Kampanye Hitam

Selain mengganggu tidur dampak buruk makan tengah malam yang perlu diwaspadai adalah karena berpotensi meningkatkan berat badan, kadar gula darah, dan kolesterol yang dapat pemicu penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

2. Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol bisa menyebabkan gejala sleep apnea yang menyebabkan seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak. Alkohol mungkin dapat membantumu mendapatkan tidur yang nyenyak di awal fase tidur, tetapi pada fase tidur kedua justru alkohol dapat membuat tidur kamu menjadi terganggu.

4. Dengarkan Musik Relaksasi

Memang manfaat dari mendengarkan musik sudah umum diketahui orang banyak. Hal tersebut dapat meredakan stres dan meredam gangguan kecemasan yang terus timbul. Mendengarkan musik yang menenangkan juga membantu kamu untuk berada dalam kondisi rileks dan pikiran yang jernih.

5. Hindari mengonsumsi kopi atau merokok sebelum tidur

Kopi mengandung zat kafein yang dapat membuatmu menjadi sulit tidur. Nah kemudian Karena nikotin adalah stimulan, perokok bisa dengan mudah terkena insomnia jika merokok secara rutin menjelang jam tidur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: