Nelayan Tradisional Desa Bunton Keluhkan Keselamatan Karena Tak Punya Pelampung, Ini Upaya Lanal Cilacap

Nelayan Tradisional Desa Bunton Keluhkan Keselamatan Karena Tak Punya Pelampung, Ini Upaya Lanal Cilacap

Para nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan Desa Bunton Kecamatan Adipala berinteraksi dengan Lanal Cilacap, Kamis (2/11/2023).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak tiga kelompok nelayan kecil di wilayah Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten CILACAP, mengeluhkan keselamatan mereka ketika bekerja mencari ikan.

Pasalnya, dengan penghasilan mereka yang minim karena hanya mencari ikan disekitar perairan dekat pantai atau di muara-muara sungai, membuat pelampung menjadi hal yang sangat mewah bagi mereka.

Seperti yang dituturkan Shimo (40), nelayan asal Dusun Nusasari, Desa Bunton. Dia dengan nelayan lain tidak mengetahui tata cara atau perhatian mengenai keselamatan laut.

"Padahal di tempat kami sering terjadi kecelakaan laut. Bukan hanya nelayan, tapi juga perahu pariwisata. Kita tidak bisa melakukan apa-apa karena tidak punya alat keselamatan," terangnya, Kamis (2/11/2023).

BACA JUGA:Suhu Udara di Cilacap Terasa Panas, Ini Penjelasan BMKG

BACA JUGA:Harga Kepokmas Naik, Cilacap Alami Inflasi di Bulan Oktober 2023

Bahkan ketika kegiatan tahunan yaitu sedekah laut, dia bersama nelayan lain mendorong jolen ke tengah laut dengan berenang tanpa menggunakan alat pengaman seperti pelampung dan lainnya.

"Kita hanya menggunakan celana pendek sambil berenang mendorong jolen hingga ke tengah laut," terangnya.

Menanggapi hal itu, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut Bambang Subeno melalui Pasops Mayor Laut Budiyanto mengatakan, pihaknya akan menyampaikan ke atasan untuk pengadaan pelampung bagi nelayan Desa Bunton.

"Nanti Insya Allah akan kita sampaikan ke atasan, terutama di wilayah wisata. Selain itu kami minta agar memasang imbauan agar tidak mandi di pantai, meski kadang pengunjung mengabaikan itu," tuturnya.

Selain itu, dia meminta kepada para nelayan agar mengatisipasi dengan melindungi diri terlebih dahulu. Minimal jika tidak ada pelampung, sediakan jerigen atau botol-botol bekas yang dapat digunakan untuk pengganti pelampung.

"Jika sudah berhadapan dengan laut, seorang yang pandai berenang sekalipun pasti akan terbawa arus. Jadi utamakan keselamatan diri terlebih dahulu, terutama bagi nelayan tradisional atau nelayan kecil," tegasnya.

Selain memberikan imbauan mengenai kecelakaan laut dan pelaksanaan Pemilu 2024, dalam kesempatan tersebut Lanal Cilacap membagikan sembako kepada nelayan tradisional di wilayah Desa Bunton, Kecamatan Adipala. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: